Langsa Juara Umum O2SN Semua Jenjang

acehbisniscomLangsa Juara Umum O2SN Semua Jenjang

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Kontingen Kota Langsa berhasil mengukir prestasi cemerlang dengan meraih juara umum pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMP.

Mereka berhasil meraih sebanyak tiga medali emas, satu medali perak, satu perunggu dan dua juara empat pada ajang O2SN tingkat Provinsi Aceh yang dimulai sejak 12 hingga 15 Juli 2019 di Kota Banda Aceh.

Bukan hanya SMP, semua jenjang dari SD, SMP, SMA dan SMK kontingen dari Kota Langsa berhasil menyapu bersih juara umum pada tahun 2019 ini. Atas keberhasilan ini mereka mendapatkan piala sebagai juara umum terbaik selama pelaksanaan O2SN tingkat Provinsi Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin mengatakan, prestasi yang telah diraih kontingen dari Kota Langsa ini patut dicontoh oleh daerah-daerah lain. Pasalnya mereka bukan hanya berhasil di satu jenjang saja, namun semua jenjang dari SD, SMP, SMA dan SMK dapat mereka rebut sebagai juara umum.

“Prestasi ini tentu tidak lahir secara instan, ada kerja keras dalam berlatih dari para siswa dan pendamping. Ini patut menjadi contoh bagi daerah lain di masa yang akan datang, terutama bagi semua pemangku kepentingan yang ada,”ujar Syaridin yang diwakili Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli saat menutup ajang O2SN jenjang SMP, di Banda Aceh, Minggu (14/7/2019).

Dengan adanya prestasi di tingkat provinsi, kata dia, maka para atlet dari jenjang SD dan SMP nantinya akan bisa memilih sekolah-sekolah favorit yang ada di Aceh. “Hal itu dikarenakan pemerintah telah mengatur sebanyak 5 persen pendaftar siswa baru di sekolah dibolehkan mendaftar melalui jalur prestasi,”paparnya.

“Jika anak-anak semua memiliki prestasi mulai dari tingkat kabupaten/kota maka sudah bisa mendaftar untuk masuk di sekolah favorit. Apalagi ini merupakan prestasi di tingkat provinsi, maka tentunya akan lebih diprioritaskan untuk masuk sekolah favorit yang ada di Aceh,” ungkap Kabid Pembinaan SMA dan PKLK.

Untuk itu, Zulkifli meminta kepada para atlet yang meraih juara pertama pada setiap cabang olahraga untuk dapat mempersiapkan diri dengan berlatih sebaik mungkin guna persiapan pertandingan yang sama di tingkat nasional pada tahun 2019 ini.

“Kami minta kepada para pelatih untuk mulai hari ini mulai menyiapkan peserta didiknya berlatih. Mohon di data progres dari kemampuan atletnya agar setiap hari dapat meningkat,” katanya.

Sementara itu, Ketua panitia O2SN SMP tingkat Provinsi Aceh, Syukri mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung bakat atlet Aceh yang berkualitas dan mandiri serta berkepribadian yang baik.

Selain itu, kata dia, Kegiatan ini juga sebagai upaya pembentukan sikap, mental, sportivitas, kejujuran, dan solidaritas sesama siswa yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Provinsi Aceh.()

Komentar

Loading...