Keinginan Plt Gubernur Sejahterakan Warga Sikundo Agar Tak Pindah ke Daerah Lain

Aceh Barat, Aceh Bisnis - Masyarakat di Desa Sikundo, Kecamatan Pantee Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh selama ini kehidupannya sangat ironi karena harus hidup dalam keterbatasan segala bentuk infrastruktur.

Warga pedalaman ini harus hidup puluhan tahun tanpa adanya aliran listrik, bahkan sebelumnya, Desa Sikundo sempat heboh tentang jembatan seutas kabel di atas Krueng (Sungai) Sikundo yang dijadikan sebagai jembatan penyeberangan masyarakat tersebut.

Untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat di perdalaman Kabupaten Aceh Barat itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah bertekab untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dan membagun sejumlah infrakstruktur di Desa Perdalaman tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Aceh yakni dengan membagun 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT), dan penyalaan lampu listrik pertama di Desa Sikundo. Karena masyarakat pedalaman selama ini hanya mengunakan lampu teplok untuk penerangan.

“Sebenarnya perencanaan untuk pembangunan Rumah KAT di Desa Sikundo memang sudah lama direncanakan jauh-jauh hari. Namun, baru hari ini terealisasi,”kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada peletakan batu pertama pembagunan 39 unit rumah KAT di Desa Sikundo.

Ia juga menyatakan, setelah adanya KAT, hadirnya MCK, listrik, maka nanti akan disusul dengan aksesibilitas yang juga akan kita perbaiki. “Jadi, pembangunan di Sikundo ini bukan karena viral beberapa waktu lalu. Tapi memang perencanaan pembangunan di daerah ini sudah kita rencanakan sejak lama, sebelum masa kampanye Pemilu 2019,”ujar Nova.

Nova juga menyatakan, tanpa adanya perhatian dari Pemkab Aceh Barat, Forkompimda, DPRK serta semua pihak terkait lainnya, maka pembangunan di daerah terpencil ini tidak akan terwujud.

“Untuk itu, kita berharap masyarakat Sikundo tidak berencana pindah ke daerah lain, karena pemerintah akan terus meningkatkan infrastruktur dan fasilitas sosial dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”harap dia.

Nova meminta kepada masyarakat agar aktif dalam pembangunan, sehingga tidak selalu harus melalui program dan proyek kalau bisa dilakukan dengan cara bergotongroyong, karena kalau bisa bakti TNI, Polri  dan lain-lain termasuk CSR itu lebih baik.

"Mungkin yang akan saya dulukan terlebih dahulu adalah memperbaiki akses jalan yang layak jadi jangan ada lagi jalan yang naiknya ekstem turunnya ekstem tadi ada saya lihat satu titik tadi,”ungkap Plt Gubernur Aceh.

Menurut dia, untuk memperbaiki itu  tidak perlu dengan program APBN- APBA atau APBK, karena juga bisa dilakukan dengan bantuan CSR, gotongroyong masyarakat bersama TNI dan Polri. "Itu dalam waktu dekat akan saya lakukan dengan kawan-kawan dan yang paling penting penduduk tambah betah tinggal di Sikundo,”jelas Nova.

Selain itu, PT PLN (Persero) wilayah Aceh, resmi menyalakan listrik perdana bagi masyarakat di Desa Sikundo, Pante Ceureumen, Aceh Barat, Peresmian tersebut ditandai penyalaan listrik oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Kita bersyukur masyarakat Sikundo terlepas dari kegelapan. Yang mana sebelumnya Desa Sikundo selama ini hanya mengenakan lampu teplok, bahkan lilin sebagai penerangan,”kata General Manager PLT PLN Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi.

Dikatakannya, dengan teraliri aliran listrik di kawasan pedalaman tersebut, diharapkan masyarakat bijak menggunakan listrik agar tidak ada penggunaan yang sia-sia.

“Semoga dengan diresmikannya listrik Desa proyek tahun 2019 di Desa Sikundo akan memberikan semangat baru bagi kehidupan mereka yang lebih baik bagi masyarakat di daerah ini,”pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat,  Ramli mengucapkan terimakasih atas bantuan rumah KAT, listrik dan MCK oleh Pemerintah Aceh, PLN dan PT Mifa Bersaudara.

"Semoga bantuan ini terus berlanjut, orang di sini tidak banyak namun bisa menggoyang nasional. Kami sangat berterimakasih dan berharap bantuan ini terus berlanjut,"kata Bupati Aceh Barat ini.(adv)

Komentar

Loading...