Robot Amerika Terpantau ‘Berkeliaran’ di Mars

robot Curiosity. (Foto: NASA)

Jakarta - Kendaraan robot Curiosity milik lembaga antariksa NASA saat ini sedang menjelajah planet Mars. Aksinya terpantau dalam foto langka yang memperlihatkan si rover sebagai titik kecil dari luar angkasa.

Foto terbaru dari NASA Mars Reconnaissance Orbiter yang mengorbit di NASA, menunjukkan titik terang di permukaan planet Merah. Kemungkinan besar benda itu adalah kepala Curiosity.

Robot berbobot 2 ton ini tengah berjalan di dekat Mount Sharp dan melakukan penelitian. Gunung tersebut memiliki lapisan bebatuan yang menyediakan informasi tentang sejarah kawasan itu, termasuk soal eksistensi air.

Misi penelitian di Mount Sharp rencananya akan berlangsung selama beberapa tahun. Diharapkan NASA akan lebih dapat memahami bagaimana kondisi wilayah yang sekarang seperti gurun itu miliaran tahun lampau.

Dikutip detikINET dari Space.com, Curiosity dapat terdeteksi dari pantulan sinarnya yang tertangkap kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE). Kamera besutan University of Arizona itu sangat sensitif dan dapat menjepret detail kecil di permukaan Mars.

Curiosity yang mendarat di Mars tahun 2012 ini beroperasi menggunakan daya nuklir sehingga dapat beroperasi lama. Ukurannya sebesar mobil berukuran kecil dan dilengkapi dengan perangkat penelitian canggih.

Pada tahun 2021, NASA telah berencana mendaratkan robot lebih mutakhir ke Mars yang dinamakan Mars 2020. Tugasnya untuk menyelidiki kemungkinan Mars pernah ditinggali makhluk hidup di masa lampau.

Komentar

Loading...