Plt Gubernur Aceh Tutup Expo Ternak di Abdya

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah Foto Bersama Dengan Para Juara Saat Penutupan Expo Ternak. Foto AcehBisnis/Yusnizar

Blangpidie, AcehBisnis - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menutup kegiatan Bulan Bakti Peternakan atau Expo Ternak di Lapangan Pulau Kayu Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Minggu (14/7/2019) sore.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada kesempatan itu menyebutkan, sangat bersyukur hari ini kegiatan Expo Ternak yang sangat penting ini dan sudah berlangsung beberapa hari bisa diselesaikan dengan baik dan tentunya bisa membawa manfaat bagi para peternak di seluruh Aceh. Menurutnya, pihaknya sangat mendukung dengan adanya animo masyarakat untuk mengembangkan ternak menjadi lebih bagus dan lebih baik.

Dikatakan Nova Iriansyah, produksi ternak sapi di Provinsi Aceh saat ini sudah sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Inseminasi buatan.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Aceh, DR. H Rahmadi, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan Bulan Bakti Peternakan Tahun 2019 yang diadakan di Kabupaten Abdya merupakan kedua setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2018. Dan pelaksanaan Expo Ternak Tingkat Provinsi Aceh ini merupakan yang ke-X.

Menurutnya, kegiatan Bulan Bakti Peternakan 2019 diikuti peserta 23 Kabupaten/Kota dengan jumlah ternak 113 ekor untuk semua kategori. Sementara itu, jumlah peternak 132 orang.

Kemudian kata Rahmadi, jenis perlombaan yang diadakan dalam Bulan Bakti Peternakan Tahun 2019 antara lain, jalan santai, lomba burung berkicau, asah terampil, pameran pembangunan peternakan dan Expo Ternak Ke-X antara lain Sapi Aceh, Kerbau, Kuda, Sapi hasil Inseminasi Buatan (Sapi Bali, Brahman, Brangus, Limousin dan Simental). Serta kambing Peranakan Etawa (PE).

Kepala Dinas Peternakan Aceh juga menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan dimaksud adalah memberikan apresiasi dan motivasi terhadap petani peternak yang berpartisipasi dalam kegiatan Bulan Bakti Peternakan.

Bupati Kabupaten Abdya Akmal Ibrahim pada kesempatan itu menyebutkan, Expo Ternak yang diselenggarakan ini sangat bagus dan bermanfaat serta bisa terjalin hubungan silahturahmi sesama peternak di Aceh. Akmal memberikan contoh, memelihara dua tiga ekor sapi oleh masyarakat itu lebih bagus dan sangat menjanjikan.

Termasuk kata Akmal Ibrahim, hingga saat ini harga daging masih termahal di Abdya. Oleh karena itu, dengan adanya Expo Ternak ini bisa membawa perubahan bagi masyarakat Aceh pada umumnya dan Abdya pada khususnya untuk bergerak dan mau mengembangkan ternak menjadi lebih banyak lagi.

"Sejak saya dilantik saya langsung bergerak cepat, ketika saya dengar ada kambing BUR dan hasilnya cukup baik. Saya dengar adanya ayam KUB. Maka kami langsung ingin mendapatkannya dan mengembangkan di Abdya. Kami bahkan menjadi pembeli ayam KUB terbesar kedua setelah presiden. Kami siap mengembangkan sapi-sapi seperti itu di Abdya sehingga nantinya harga daging bisa turun,"kata Akmal Ibrahim.

"Ketika saya habis masa jabatan nanti, harga daging meugang di Abdya mudah-mudahan sudah turun. Daging di Aceh itu merupakan kebutuhan dan hobi. Beda dengan daerah lain,"demikian Akmal Ibrahim.()

Komentar

Loading...