Pemkab Aceh Tamiang Lepasliarkan Ratusan Tukik Tuntong Laut di Pantai Pusong Kapal

Aceh Tamiang, AcehBisnis - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang bersama Yayasan Cita Suka lestari (YCSL), Pertamina dan BKSDA melepasliarkan Ratusan Tukik Tuntong Laut dan menanam pohon cemara, di Pantai Pusong Kapal, Seruway, Kamis, (11/7/19).

Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil mengatakan, jenis Reftil ini merupakan populasi yang jumlahnya sudah sangat menurun dan dapat dikatakan dalam katagori ekosistem yang rentan punah.

“Jika tidak dijaga, dan diselamatkan serta dikembangbiakan makan tuntong laut terancam punah,”ujar Bupati.

Menurut Bupati Mursil, species ini harus dilestarikan kembali sehingga anak cucu. “ Semua pihak harus bisa membuat langkah bagus kedepan untuk terus menanamkan pentingnya melestarikan tuntong laut,”harapnya.

Selain melestarikan Tuntong laut dan pohon yang ada di pesisir, kata Bupati, Kerjasama ini diharapkan dapat ditingkatkan dengan pengenalan wisata.

“Binatang langka yang rentan gangguan ini, harus dibuat konsep yang baik dan tidak asal asalan, sehingga Tuntong laut sulit untuk berkembangbiak,”tandasnya.

Sementara itu, Direktur Konservasi dan Keanekaraagaman Hayati (KKH) Indra Eksploitasia, menuturkan bahwa berdasarkan data dunia sebanyak 29 species dilindungi, delapan diantaranya Tuntong laut. “ Tuntong laut paling banyak diminati, yang suatu kondisi satwa ini menjadi kritis.

“Alhamdulilah Aceh Tamiang sudah sangat peduli untuk melestarikan Tuntong laut dengan menetapkan dalam peraturan daerah,” sebutnya.

Indra yakin Aceh Tamiang, akan menjadi daerah yang benar-benar berhasil dalam melestarikan tuntong Laut. “para tokoh masyarakat dan masyarakat sekitarnya serta lintas sektor lainnya harus dapat mendukung sehingga upaya dan cita-cita melestarikan lingkungan hidup terlaksana,”pungkas Indra.

Untuk diketahui, tukik tuntong laut, sudah dilepasliarkan ribuan ekor sejak mulai tahun 2017. Yakni sebanyak 320 ekor, 419 ekor di tahun 2018. Sedangkan tahun ini sebanyak 769 ekor tukik sebanyak 420 ekor merupakan penangkaran Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang, dan 349 ekor tukik penangkaran Yayasan Cita Suka Lestari (YCSL) Kabupaten Aceh Tamiang. (Indra)

Komentar

Loading...