113 Ternak Unggul Siap Ikut Kontes di Abdya

Wabup Abdya Muslizar Bersama Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, Nasruddin Foto Bersama. Foto AcehBisnis/Yusnizar

Blangpidie, AcehBisnis - Sebanyak 113 ternak unggul dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh siap mengikuti Kontes pada kegiatan Expo Ternak di Lapangan Pulau Kayu Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Kegiatan tersebut telah dibuka Kamis (11/7/2019).

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Aceh, DR. H Rahmadi, M.Si Kamis (11/7/2019) dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan Bulan Bakti Peternakan Tahun 2019 yang diadakan di Kabupaten Abdya merupakan kedua setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2018. Dan pelaksanaan Expo Ternak Tingkat Provinsi Aceh ini merupakan yang ke-X.

Menurutnya, kegiatan Bulan Bakti Peternakan 2019 diikuti peserta 23 Kabupaten/Kota dengan jumlah ternak 113 ekor untuk semua kategori. Sementara itu, jumlah peternak 132 orang dan pendamping sebanyak 453.

Kemudian kata Rahmadi, jenis perlombaan yang diadakan dalam Bulan Bakti Peternakan Tahun 2019 antara lain, jalan santai, lomba burung berkicau, asah terampil, pameran pembangunan peternakan dan Expo Ternak Ke-X antara lain Sapi Aceh, Kerbau, Kuda, Sapi hasil Inseminasi Buatan (Sapi Bali, Brahman, Brangus, Limousin dan Simental). Serta kambing Peranakan Etawa (PE).

Kepala Dinas Peternakan Aceh juga menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan dimaksud adalah memberikan apresiasi dan motivasi terhadap petani peternak yang berpartisipasi dalam kegiatan Bulan Bakti Peternakan. Lalu memberikan informasi program keberhasilan bidang peternakan.

Ia menjelaskan, selanjutnya adalah memperkenalkan sumber daya genetik ternak lokal untuk dikembangkan lebih lanjut.

Selanjutnya sasaran yang dicapai adalah meningkatkan investasi agribisnis peternakan di Aceh. Terjaringnya bibit ternak unggul pada kelompok tani ternak di 23 Kabupaten/Kota. Terimakasih adalah meningkatkan kualitas produk pengolahan hasil peternakan yang berdaya saing.

"Untuk Expo Ternak di ikuti 23 daerah di Aceh. Sementara Pameran Pembangunan Peternakan diikuti 15 Kabupaten/Kota yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan, lembaga pendidikan dan asosiasi umum dan perusahaan bidang peternakan,"demikian Kepala Dinas Peternakan Aceh.(Yusnizar)

Komentar

Loading...