Gencet Rupiah, Dolar AS Nanjak ke Rp 14.140

Teller menghitung lembaran mata uang dolar AS (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jakarta, Aceh Bisnis - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini bertengger di level Rp 14.140. Angka tersebut tercatat lebih tinggi dibanding posisi penutupan perdagangan Selasa (9/7) kemarin yang berada di level Rp 14.134.

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Rabu (10/7/2019). Hingga pukul 10.00 WIB, dolar AS tercatat bergerak dari level Rp 14.135 hingga Rp 14.150.

Jika ditarik dalam lima hari terakhir, pergerakan mata uang Paman Sam cenderung menunjukkan penguatan. Sejak awal pekan ini, dolar AS tercatat bergerak dari level Rp 14.069 hingga Rp 14.150.

Dari data RTI, dolar AS tercatat melemah dan menguat terhadap sejumlah mata uang negara utama dunia lainnya. Mata uang yang paling kuat ditekan dolar AS di antaranya dolar New Zealand, rupiah dan baht Thailand. Sementara won Korsel, yuan China, dan dolar Taiwan berhasil menaklukkan mata uang Paman Sam.

Sedangkan rupiah bernasib lebih buruk. Rupiah tercatat tertekan oleh won Korsel, dolar Taiwan, dan yuan China. Rupiah tercatat hanya unggul terhadap rupee India, dolar New Zeland dan baht Thailand.

Komentar

Loading...