DPD RI Uji Sahih RUU PBB

Foto: Acehbisnis.com

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Komite IV DPD RI bekerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar uji sahih terhadap Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Balai Sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, Selasa (9/7/2019).

Dalam kegiatan itu, Ketua Tim Ghazali Abbas Adan mengatakan, sebagai anggota dewan sudah sewajarnya untuk bekerja secara profesional, sesuai dengan tugas dan fungsinya (tupoksi).

Dikatakannya, secara umum tupoksi DPD itu sebagai fungsi legislasi yaitu dapat mengajukan rancangan undang-undang (RUU) kepada DPR serta ikut serta dalam membahas RUU.

Selanjutnya, sebut dia, sebagai pengawasan (kontrol) terhadap kerja pemerintah dan juga terkait dengan budgeting (penganggaran). “Yang lebih utama adalah adanya fungsi representatif dari anggota DPD itu sendiri, yaitu menerima dan menghimpun aspirasi masyarakat, seperti yang kita laksanakan hari ini untuk kemudian dilanjutkan ke tingkat pusat,”ujar dia.

Sementara itu, Ketua Komite IV DPD RI, H Ajieb Padindang mengatakan, uji sahih ini merupakan tahapan terakhir terhadap RUU PBB. “RUU ini merupakan usul inisiatif dari DPD RI,”jelasnya.

“Uji sahih ini untuk mendapatkan masukan, saran dan aspirasi daerah sebagai dasar untuk membahas dan menyempurnakan RUU PBB. Saat ini belum cukup kuat bagi daerah-daerah. Dengan demikian pendapatan daerah pun akan terus meningkat,”kata Ajieb Padindang.

Kegiatan tersebut menghadirkan empat narasumber, diantaranya 2 orang Tim Ahli RUU Pajak Bumi dan Bangunan dari DPD RI, yaitu Riatu Mariyatul Qibthiyyah dan Tedi Sudarajat. Kemudian dari Unsyiah, Lilis Maryasih dan dari BPKA, Najwi.()

Komentar

Loading...