Dosen IAIN Langsa Workshop Penulisan Buku

Langsa, Aceh Bisnis - Puluhan dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa dari berbagai fakultas, mengikuti workshop penulisan buku berbasis riset yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) di aula kampus setempat, Selasa (9/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu menghadirkan narasumber dari PTKI Kementerian Agama Pusat Dr. Mahrus, M.Ag dengan materi penulisan buku berbasis riset standard nasional. Dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Eka Srimulyani, MA dengan materi strategi penulisan buku dan pengolahan hasil riset menjadi buku.

Serta narasumber lokal dari IAIN Langsa masing-masing Dr. Basri Ibrahim, MA selaku Rektor IAIN Langsa, Dr. Muhammad Suhaily Sufyan, MA, Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy, MA dan Dr. Yenny Suzana, MA.

Ketua LP2M IAIN Langsa, Dr. H. Sulaiman Ismail, M.Ag dalam arahannya mengatakan, workshop tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan dosen di lingkungan IAIN Langsa untuk menulis buku sebagai salah satu karya akademik.

“Kita tahu semua dosen ini memiliki kemampuan untuk menulis buku, hanya saja kesibukan dan keterbasan waktu menjadi kendala sehingga tidak bisa menulis buku. Karenanya, dengan workshop ini kita ingin mengangkat potensi kesempatan menulis buku dapat dilakukan dalam situasi yang sibuk,” sebut Sulaiman.

Dijelaskannya, langkah awal yang bisa dilakukan untuk menulis buku adalah dengan mengkonversikan hasil karya ilmiah thesis dan disertasi saat penyelesaian pendidikan Pascasarjana S2 dan doctor menjadi buku.

“Semua dosen kita sudah memiliki bahan dasar untuk menulis buku, yaitu thesis dan disertasi saat menyelesaikan pendidikan S2 dan S3 dulu. Hasil penelitian ini bisa dijadikan buku dengan beberapa pengembangan baru, nah dalam workshop ini kita mengajak para dosen untuk memahami bagaimana tekniknya,” sebut Sulaiman seraya mengharapkan, kedepan dosen IAIN Langsa dapat menerbitkan buku-buku berkualitas dan berstandar nasional. ()

Komentar

Loading...