12 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

12 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami Foto: shutterstock

Jakarta, Aceh Bisnis - Flek hitam yang ada di wajah memang mengganggu penampilan sehari-hari. Apalagi jika flek hitam yang ada di wajah tidak bisa ditutup sempurna menggunakan foundation.

Flek hitam sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari terpapar sinar matahari, bekas jerawat hingga tanda penuaan. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk menghilangkan flek hitam dengan alami dan murah meriah.

Berikut adalah 12 cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami seperti dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Air Lemon

Telah ada banyak riset yang membuktikan bahwa vitamin C dan citric acid yang terkandung dalam air perasan lemon bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya tuangkan air lemon ke dalam mangkuk dan encerkan dengan air bersih secukupnya.

Dengan menggunakan kapas, usapkan campuran ini ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih. Cara ini bisa digunakan dua hari sekali.

2. Kentang

Kentang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan cara menghilangkan sel kulit mati. Caranya dengan mengiris kentang dengan tipis menggunakan pisau. Setelah itu basahi sedikit irisan kentang dengan air.

Tempel irisan tersebut di area wajah dengan flek hitam dan diamkan selama 10 menit. Cara ini bisa digunakan setiap hari.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam dan warna kulit wajah yang tidak merata. Kalian pun bisa menggunakan lidah buaya biasa dan tidak perlu repot-repot membeli gel lidah buaya.

Caranya dengan mengupas semua bagian kulit lidah buaya. Ambil gel dari daging lidah buaya langsung dan oleskan di wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Madu

Madu mengandung 80 persen gula yang bermanfaat sebagai exfoliator kulit dan bisa menghilangkan sel kulit mati serta flek hitam di wajah. Untuk metode ini kalian membutuhkan madu dan kentang.

Caranya dengan memarut kentang hingga halus dan tambahkan dua sendok makan madu hingga campuran terlihat seperti pasta. Oleskan campuran di area dengan flek hitam dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Oatmeal

Tekstur oatmeal dan kandungan saponin di dalamnya menjadikannya exfoliator yang ampuh. Untuk menggunakan cara ini kalian membutuhkan oatmeal, madu dan susu.

Caranya campur oatmeal yang telah ditumbuk dengan satu sendok makan madu dan satu sendok makan susu sampai menjadi pasta. Oleskan masker ini di seluruh wajah dan tunggu hingga mengering. Bilas dengan air bersih.

6. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang bagus dalam menangkal radikal bebasa dan menghilangkan flek hitam di wajah. Untuk menggunakan metode ini kalian membutuhkan kunyit, air lemon dan susu.

Caranya campurkan ketiga bahan dalam mangkuk dan oleskan campuran ini ke selutuh wajah. Pijat sedikit bagian dengan flek hitam dengan campuran tersebut. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Peterseli

Peterseli atau parsley kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen. Untuk menggunakan metode ini kalian membutuhkan peterseli, air lemon dan madu.

Caranya iris peterseli dan tambahkan sedikit air sehingga menjadi pasta. Tambahkan madu dan air lemon dan oleskan campuran ini di wajah secara merata. Tunggu hingga 20 menit dan bilas dengan air bersih.

8. Minyak Jarak

Kandungan vitamin E di minyak jarak tidak hanya menghilangkan flek hitam tapi juga mencegahnya kembali lagi. Caranya tuangkan 4-5 tetes minyak jarak ke atas kapas dan usapkan langsung ke area dengan flek hitam. Diamkan selama satu jam dan bilas dengan air bersih.

9. Jus Nanas

Air perasan nanas mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam. Caranya lumatkan nanas menggunakan blender dan ambil jusnya. Dengan menggunakan kapas, usapkan jus ini ke bagian wajah dengan flek hitam. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih.

10. Cuka Apel

Cuka apel mengandung alpha hydroxy acids (AHA) yang berguna sebagai exfoliator untuk sel kulit mati. Untuk menggunakan metode ini kalian membutuhkan cuka apel dan madu.

Caranya larutkan cuka apel dengan air dan tambahkan madu. Dengan menggunakan kapas, usapkan campuran ini ke area dengan flek hitam. Tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air.

11. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang bisa menghilangkan flek hitam dan meratakan warna kulit wajah. Caranya kalian cukup mem-blender pepaya hingga menjadi pasta yang kental. Usapkan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

12. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, B dan C yang berguna untuk menghilangkan flek hitam dan membuat wajah tetap kencang. Untuk menggunakan ini kalian butuh jus tomat dan jus lemon.

Caranya campurkan dua sendok makan jus tomat dan satu sendok makan jus lemon di mangkuk. Dengan kapas, usapkan campuran ini ke seluruh wajah. Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

Komentar

Loading...