Tanaman Coklat di Abdya Diserang Hama Ulat

Acehbisnis.comTanaman Coklat di Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Abdya diserang hama ulat. (Yusnizar/Acehbisnis.com)

Blangpidie, AcehBisnis - Tanaman Coklat di Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan diserang hama ulat. Akibatnya, petani gagal panen dan berinisiatif untuk beralih ke tanaman lain.

Berdasarkan informasi yang diperoleh AcehBisnis di lapangan, hama ulat selain menyerang tanaman coklat juga menyerang buah coklat. Artinya, persoalan ini harus segera diselesaikan, kalau tidak maka tanaman coklat di Abdya akan menjadi punah total.

"Waktu kecil buahnya sangat bagus dan menjadi gedek namun setelah diserang hama ulat buahnya langsung menjadi busuk. Belum lagi serangan hama batang. Kami sangat sedih,"ucap seorang petani coklat di Kecamatan Kuala Batee, Junaidi kepada AcehBisnis Minggu (7/7/2019).

Junaidi berupaya membasmi hama penggerek batang dan buah dengan racun hama seadanya, tapi tidak mempan. Ia pun mengaku kewalahan atas kejadian hama tersebut.

"Kami sudah coba pakai semprot racun hama, tetapi hama ulat itu tidak hilang-hilang. Artinya, persoalan ini harus dituntaskan demi kesejahteraan para petani, dinas harus bergerak cepat,"sebut Junaidi.

Petani coklat itu mengaku, tanaman coklat mulai terkena serangan hama sudah sejak lama. Saat itu, tidak semua terkena hama tersebut, hanya sekitar 20 persen. Namun sekarang, hama mulai menyerang keseluruhan tanaman coklat.

"Dinas terkait harus turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan tanaman coklat. Jangan hanya di kantor saja, periksa dan kasih racun yang sesuai,"demikian petani coklat Abdya.(yusnizar)

Komentar

Loading...