Bupati Abdya Tinjau Lokasi Expo Ternak di Lapangan Pulau Kayu

acehbisnis.comBupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim Tinjau Lokasi Expo Ternak di Lapangan Pulau Kayu. (Yusnizar/Acehbisnis.com)

Blangpidie, AcehBisnis - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim meninjau lokasi Expo Ternak tingkat Provinsi Aceh di lapangan Pulau Kayu Kecamatan Susoh, Senin (08/07/19).

Perlu diketahui bahwa, Kabupaten Abdya untuk tahun ini ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan Dinas Pertanian Aceh dalam rangkaian kegiatan Bulan Bakti Peternakan Nasional Tahun Anggaran 2019. Tempat dimaksud hampir rampung disiapkan dan nantinya kegiatan itu akan dihadiri oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah beserta pejabat tinggi Aceh lainnya.

"Alhamdulillah, Abdya sangat siap mengelar kegiatan besar ini. Sebagai tuan rumah, mari berpartisifasi pada kegiataan tingkat Provinsi Aceh ini,"ucap Bupati Akmal Ibrahim pada kesempatan tersebut.

Ia mengatakan, sangat banyak kegiatan pada acara ini, nanti akan ada kontes ternak yang meliputi perlombaan ternak sapi, kerbau, kuda jantan, kambing PE jantan serta akan ada stan.

Dijelaskannya, untuk kategori kontes, rincian perlombaannya yakni untuk kontes Sapi, terbagi pada beberapa kelas, yakni kelas estrim bebas tahun dan kelas limosin (sapi 2 sampai 3 tahun), kelas simental, Kelas brangus (2-3 tahun), juga ada kontes Sapi Bali dan Sapi Aceh.

Kemudian kerbau, kontes ini ada kelas ekstrim, kelas ekstrim ini khusus Kerbau (jantan). Untuk kontes Kuda, juga khusus jantan, begitu juga dengan Kontes Kambing PE (peternakan air tawar).

Kemudian mengadakan kontes kicau burung. Untuk lomba ini bisa dibilang lomba tingkat Nasional, karena pesertanya bahkan dari luar Aceh mencapai ratusan peserta. Nanti juga ada jalan santai berhadiah, itu ditanggal 12 Juli. "Kontes ayam KUB juga ada. Lomba ini direncanakan satu kecamatan dua peserta yang tampil. Dua peserta ini di seleksi di kecamatan masing-masing,”katanya.

Bupati Akmal mengatakan, kegiatan ini selain menjadi ajang menjalin silaturami sesama peternak, juga dapat merespon masyarakat untuk termotifasi agar giat beternak dan jangan terpikir peternakan tidak bisa menghasilkan. Dan tentu sebagai wadah mempromosikan Abdya serta agar masyarakat termotivasi untuk melakukan, perlindungan terhadap satwa.(yusnizar)

Komentar

Loading...