Penemuan Benda Mirip Tank Bikin Heboh Warga Merauke

Foto: Abdel Syah/ KabarPapua.co

Merauke - Penemuan rongsokan kendaraan baja mirip tank membuat heboh warga di Merauke, Papua. Rongsokan benda mirip tank itu ditemukan pada Sabtu (7/7/2019), di depan rumah Mathius Korwa, seorang warga Jalan Yosudarso, Distrik Merauke, Papua.

Tank tersebut ditemukan secara tidak sengaja di dalam lumpur saat pekerja menggali parit atau aliran air di depan rumah Mathius.

Atas penemuan itu, Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung mengaku belum bisa memastikan rongsokan itu kendaraan tempur (tank) peninggalan Belanda ataukah alat berat excavator yang pernah ditinggalkan perusahaan kontruksi.

“Kawasan lokasi itu sudah dipasangi garis polisi. Kami juga belum bisa pastikan itu rangka tank atau apa. Pengambilan benda itu masih menunggu koordinasi dengan pihak terkait,” ujar Bahara dikutip laman KabarPapua, Minggu (7/7/2019).

Mortir

Sementara itu Unit penjinak bom Polda Jawa Barat juga pernah mengamankan dan mengevakuasi sebanyak 87 buah mortir yang diduga peninggalan atau sisa Perang Dunia II pada Maret 2019. Puluhan mortir itu ditemukan terbenam di halaman rumah milik warga Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Menurut Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema, mortir tersebut diperkirakan merupakan benda yang pernah digunakan pada Perang Dunia (PD) II silam. Hal itu ia katakan berdasarkan analisa sementara. "Ada dugaan jenis mortir pada masa perang dunia ke dua," ujarnya.

Irman menyatakan, penyisiran hari ini diberhentikan sementara. Pihaknya akan melanjutkan pencarian pada besok. Untuk mengantisipasi hal yang tak terduga, seluruh mortir itu akan dievakuasi dan dianalisa oleh Paldam Kodam III/Siliwangi.

Komentar

Loading...