Delapan Hektar Hutan Terbakar di Gunung Seulawah

Acehbisnis.comHutan terbakar di Gunung Seulawah Aceh Besar

Banda Aceh, AcehBisnis - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Aceh Besar. Kali ini lahan yang terbakar berada di kawasan hutan Cot Raja Umong Gunung Seulawah, Kecamatan Lembah Seulawah, Kamis (4/7/2019) tadu malam sekira pukul 21.00 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun dari Kepala BPBA, Ahmad Dadek, kebakaran ini diketahui setelah petugas BPBD Aceh Besar mendapatkan laporan masyarakat. Diketahui lahan yang terbakar adalah lahan produktif dan ilalang yang lokasinya jauh dan tak terjangkau pemadam.

"Lokasi itu berada di daerah pegunungan yang dikelilingi jurang terjal serta bebatuan berukuran besar. Penyebab terjadi kebakaran hutan diduga akibat adanya unsur kesengajaan yang dibakar oleh orang tertentu, namun untuk pastinya masih dalam penyelidikan kepolisian dan instansi terkait lainnya," ujarnya Jumat (5/7/2019).

Sekitar delapan hektar lahan yang terbakar. Tim BPBD Aceh besar pun masih melakukan pemantauan dari jauh serta mengumpulkan informasi untuk dapat melakukan tindakan selanjutnya. Informasi terakhir yang diterima, api belum dapat dipadamkan.

Sementara, kebakaran lahan lainnya di Aceh Besar terjadi di kawasan Gampong Lambaro Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Kamis (4/7/2019) siang kemarin. Lahan yang terbakar milik seorang pensiunan Imigrasi bernama Anwar Manyak (65).

"Lahan itu kebun kosong, yang terbakar diperkirakan sekitar satu hektar. Penyebab diduga akibat pembakaran sampah dengan kondisi cuaca cerah, sehingga api mudah menjalar. Namun di lokasi juga sudah turun langsung pihak yang berwajib untuk memastikan penyebap pasti," kata petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar, Iqbal.

Petugas pun mengerahkan satu unit armada damkar ke lokasi yang didukung oleh satu unit armada tangki air. "Api telah padam, pemadaman dibantu TNI/Polri setempat dan pihak lainnya," tambahnya. (hfz/ded)

Komentar

Loading...