Tinjau Pembagunan Jalan Tol, Plt Gubernur Berharap Masalah Lahan dan Materil Segera Selesai

Acehbisnis.comPembagunan Jalan Tol Aceh Dimulai

Aceh Besar, Aceh Bisnis - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, pembagunan jalan tol Banda Aceh -  Sigli berjalan dengan baik dan cepat. Hanya ada masalah yang masih belum terselesaikan yakni pembebasan lahan jalan tol.

“Masih ada masalah yang belum terselesaikan terkait pembebasan lahan, izin, rekomendasi, dan bahan materil,”ungkap Nova saat meninjau langsung  lokasi jalan tol Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Rabu (3/7/2019).

Ia juga menyatakan, ada beberapa banding terkait dengan pembebasan lahan tersebut, tapi hanya 6 orang, mungkin ada 16 bidang tapi semua bandingnya sudah ditolak tinggal teknis untuk menitip ke pengadilan.

“Sementara kalau proges secara umum kita lebih cepat dari proges biasanya. Tapi ada beberapa masalah sudah kita petakan dan sudah kita buat komitmen, agar ketika masalah terjadi langsung ada komunikasi di semua tingkatan pemerintah Provinsi, Kabupaten hingga gampong, termasuk BUMN sebagai fonder dan kontraktor,”jelasnya.

“Saya juga minta pihak swasta baik di Aceh Besar dan  Pidie untuk sama-sama mendukung adhi karya. Meskipun demikian, pelaksanaan jalan tol ini sudah di perhitungkan dengan baik agar nantinya jalan tol ini tidak mengganggu akses lingkungan lokal,”papar dia.

Sementara itu, Tambah Nova, para kontraktor meminta adanya pengecualian untuk izin yang berkaitan dengan tol dapat diberi lebih cepat dari yang normatif. “Izinnya di Gubernur sudah e-izin rekomendasi pak bupati sudah menjanjikan akan cepat. Itu sudah ada komitmen untuk tidak jadi masalah,”katanya.

Terkait persoalan teknis akan butuh banyak sekali material jadi adhi karya selaku pihak kontraktor utama meminta agar Pemerintah untuk bersama-sama mengantisipasinya. “Nah, saya minta pengusaha lokal di Banda Aceh dan Aceh Besar ikut berkoordinasi dengan Asosiasi masing-masing nanti duduk sama adhi karya untuk membuat kerjasama sebelum masalah kekurangan material terjadi. Saya minta pemilik galian C diidentifikasi supaya cepat mengantisipasi sebelum terjadi masalah," ujarnya.

Untuk itu, Plt Gubernur Aceh mengharapkan kepada para pekerja untuk melaksanakan tugas dengan baik, sehingga pembangunan fasilitas publik tersebut dapat berjalan lancar.

Mereka dapat mengutamakan keselamatan dalam merampungkan pembangunan proyek nasional ini. “Mudahan-mudahan semua program yang sedang dijalankan ini lancar dan sukses,” harap Nova.

“Jika kelak jalan tol ini rampung dikerjakan, akan dirasakan manfaatnya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi serta memperlancar arus transportasi bagi masyarakat yang menggunakan jasa jalan tol,”kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali dampingi Plt Gubernur tinjau proyek pembagunan tol tersebut.()

Komentar

Loading...