Kurikulum Aceh Memperkaya Kurikulum Nasional

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Kurikulum Aceh yang sesuai dengan amanah Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) dan Qanun Aceh tidak berseberangan dengan Kurikulum Nasional, tetapi memperkaya Kurikulum Nasional.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin saat membuka Bimbingan Teknis Wakil Kurikulum, di Grand Permata Hati, Banda Aceh, Selasa (2/7/2019).

Pada pendidikan SMK, kata dia, belajar akan lebih bermakna jika peserta belajar mengalami apa yang dipelajarinya, bukan sekedar mengetahuinya.

Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi, terbukti hanya berhasil dalam mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang.

"Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran pengalaman adalah konsep belajar mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata serta mendorong peserta belajar membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan enam komponen utama pembelajaran efektif," ujarnya.

Komponen tersebut, sebutnya, konstruktivisme, bertanya, menemukan, komunitas belajar, pemodelan, dan penilaian sebenarnya. Maka hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna, proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan.

"Teori pembelajaran melalui pengalaman mendefinisikan belajar sebagai proses dimana dengan pengetahuan diciptakan melalui transformasi pengalaman. Pengetahuan hasil dari kombinasi pengalaman menggenggam dan mengubah,"ungkap Kadisdik Aceh ini.

Ia juga menyampaikan, Standar Nasional Pendidikan (SNP) baru khusus SMK, merujuk Permendikbud nomor 34 tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK yang memperbaharui seluruh Permendikbud tentang standar pendidikan terdahulu.

"Maka Kurikulum Aceh juga harus mengacu pada perubahan 8 standar pendidikan yang ada di SMK/MAK. Kurikulum Aceh yang sesuai dengan amanah UUPA dan Qanun Aceh, tidaklah berseberangan dengan kurikulum nasional tetapi kurikulum Aceh memperkaya kurikulum nasional,"pungkasnya.().

Komentar

Loading...