Aceh dalam Musim Kemarau dan Angin Baratan, BMKG Himbau Masyarakat Behati-hati

musim angin barat dan kemarau

Banda Aceh, AcehBisnis - Saat ini, Aceh dalam keadaan musim kemarau dan angin baratan. Pada musim ini, sudah barang tentu hujan semakin sedikit. Dengan kondisi ini, tentu saja daun-daun atau semak belukar sudah mulai kering apa lagi hutan gambut.

"Keadaan seperti ini akan sangat mudah terbakar dan sangat cepat perambatan api akibat angin yang kecepatannya tinggi. Tentu saja api itu tidak datang dengan sendirinya, ini biasanya masyarakat kita memanfaatkan kondisi seperti ini dalam membuka lahan," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad, Selasa (2/7/2019).

Oleh karena itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat agar tidak membakar hutan dalam membuka lahan. Begitu juga kita berharap kepada ibu rumah tangga agar selalu menjaga api dalam membakar sampah pun, dalam memasak supaya memastikan api kompor sudah mati bila meninggalkan dapur.

"Bila memungkinkan periksa instalasi listrik dirumah yang sdh lama diinstal untuk memastikan kebocoran sehingga terjadi koslet dan terjadi percikan api yang akhirnya dapat terjadi kebakaran rumah dan bangunan lain," katanya.

"Untuk para nelayan khususnya nelayan pesisir Barat-Selatan Aceh termasuk pesisir Sabang dan Ulelhe masih harus tetap waspada," tambah Zakaria Ahmad. (hfz/ded)

Komentar

Loading...