20 Hektare Lahan Terbakar, BPBD Abdya Sudah Padamkan 15 Persen

Anggota BPBD Abdya sedang melakukan pemadaman Api

Blangpidie, AcehBisnis - Kebakaran lahan sawit dan gambut di Jalan 30 Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dilaporkan mencapai 20 Hektare (Ha), kini sudah berhasil ditangani (dipadamkan) BPBD setempat mencapai 15 persen.

"Alhamdulillah, BPBD Abdya sudah berhasil memadamkan api yang membakar lahan sawit dan gambut sekitar 15 persen,"ucap Kepala BPBD Abdya Amiruddin dihubungi AcehBisnis Selasa (2/7/2019) sore.

Menurutnya, penyebab kebakaran lahan tersebut karena cuaca ekstrem. Kemudian karena adanya pembakaran semak berupa ranting-ranting dan rumput yang sudah dibersihkan sebelumnya oleh masyarakat.

"Karena cuaca sangat panas, kepada masyarakat dihimbau supaya hati-hati melakukan pembakaran. Sebaiknya rumput yang sudah dibersihkan dilahan jangan dibakar dulu karena akan merembes ke lahan lain,"sebut mantan Sekretaris Dinad PUPR Abdya tersebut.

Pun demikian, hingga saat ini pihak BPBD Abdya masih berada di lokasi kebakaran. Pihaknya mengerahkan 2 unit mobil pemadam dan dua unit mesin pompa air dengan melibatkan 20 Personil BPBD Abdya.(yusnizar)

Komentar

Loading...