Setelah Terombang-ambing di Laut, 3 Nelayan Aceh Timur Ditemukan Selamat

Seorang nelayan baru pulang melaut di Ulee Lheue, Banda Aceh.(Foto:Dedi Saputra/AcehBisnis)

Lhoksukon, Aceh Bisnis - Tiga nelayan tradisional asal Desa Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan selamat di perairan Aceh Utara setelah ketiganya terombang-ambing di tengah laut karena kerusakan mesin boat.

Panglima Laot (Lambaga Adat Laut) Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, M Hasan dihubungi dari Lhoksukon Senin mengatakan, nelayan itu ditemukan sekitar 25 mil dari bibir pantai.

"Mereka ditemukan dalam keadaan selamat pada Senin (24/6), sekitar pukul 11.00 WIB oleh dua nelayan Ulee Rubek Barat, Kecamatan Seunuddon, saat nelayan kami sedang mencari ikan," kata M Hasan.

Ketiga nelayan itu masing-masing Budiman (48), Feri (18) dan Muslim (27). Mereka ditemukan oleh nelayan Ulee Rubek Barat, Harjani dan Asnawi Labon, sekitar 25 mil dari bibir pantai perairan Aceh Utara.

Menurut keterangan ketiganya, sambung M Hasan, mesin boat yang mereka tumpangi alami kerusakan, sehingga mereka terombang-ambing di tengah laut hingga dua hari tiga malam tanpa menentu arah.

Nelayan jaring ini bertahan hidup dengan mengonsumsi sisa makanan atau bekal yang mereka bawa sebelumnya.

Usai ditemukan, tambah M Hasan, ketiganya bersama satu unit boat yang mereka tumpangi ditarik ke perairan Seunuddon, tepatnya di Gampong Ulee Rubek Barat, dan pihaknya sudah menghubungi keluarga yang bersangkutan.

"Tadi sudah dihubungi pihak keluarga, rencananya mereka besok akan pulang setelah memperbaiki mesin boat," jelasnya.

Sementara sebelumnya, bereda pesan berantai melalui grup WhastApp dengan menyebutkan, ketiga nelayan itu hilang saat pergi mencari ikan sejak Sabtu (22/6) malam dan mulai hilang kontak sejak Minggu (23/6) sore.

Panglima Laot Lhok Bagok, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur, Zaini Usman, yang dihubungi terpisah membenarkan kabar tersebut, dan dia menyebut bahwa ketiganya telah ditemukan di perairan Aceh Utara.

Dia mengatakan, kabar ketiganya hilang diketahui setelah keluarga nelayan itu melaporkan ke pihaknya pada Minggu (23/6) malam.

"Alhamdulillah saat ini mereka sudah ditemukan di Ulee Rubek Barat," kata Zaini Usman.()

Komentar

Loading...