Kota Penuh Dosa di Bawah Laut Italia

Pemandangan Baia (iStock) Foto: undefined

Baia, Aceh Bisnis - Kota penuh gelimang emas, kasino, dan kehidupan malam ternyata tidak ada di zaman modern saja. Contohnya di Italia, dengan saksi bisunya di bawah laut.

Inilah Baia, sebuah wilayah di Italia yang dulunya menjadi pusat kehidupan malam bintang lima di zaman Romawi. Dahulu, orang-orang menjadikannya sebagai tempat rekreasi mewah tersohor, namun kini hanyalah patung-patung dan struktur bangunan membisu di bawah laut Naples.

Dikumpulkan detikcom dari BBC, Sabtu (22/6/2019) Baia terletak 240 kilometer dari Roma. Kira-kira, jika ditempuh dengan jalur darat, perjalanannya memakan waktu sekitar 2 jam 56 menit.

Pantainya cukup indah, dengan pemandangan laut biru dengan rumah bergaya Eropa klasik di sekitarnya. Namun, jika tidak menelusuri bawah lautnya, tidak akan terbayang bahwa dulunya ini adalah pusat hiburan kelas atas zaman dahulu kala.

Baia zaman dahulu (iStock)

Jadi ceritanya begini, Baia letaknya berada di bawah kaki Gunung Vesuvius. Zaman romawi, pusat hiburan dilengkapi dengan resor, spa, dan tempat rekreasi mewah lainnya. Namun, pada abad ke-8, pasukan tentara Saracen (pasukan Sultah Salahuddin) menyerang 'Las Vegas' ala Italia pada zamannya ini.

Dahulu, 'Las Vegas' ini sangat termahsyur. Bahkan seorang Julius Caesar, hingga Kaisar Nero pernah mendirikan bangunan vila di Kota Baia. Namun kejayaan Baia selama kurang lebih 3 abad harus berakhir, seiring dengan kejatuhan Kekaisaran Roma. Baia hancur setelah diserang oleh bangsa Barbar, dan juga Pasukan Muslim di abad ke-8.

Jadilah, tahun 1500 para penduduk Baia meninggalkan tempat tinggalnya. Seiring berjalannya waktu, ketinggian air makin lama makin datang dan membuat aktivitas gunung api Vesuvius meningkat. Akhirnya, Baia tenggelam di bawah teluk Naples.

Kemudian, tahun 1940-an seorang pilot memperlihatkan sebuah foto dari udara mengenai Baia. Kemudian ahli geologi meneliti lebih jauh mengenai sejarah dan asal-usul kehidupan di sana. Semakin berjalannya waktu, tahun 2002 tempat ini kembali dibuka untuk umum.

Meski kini bukanlah tempat kaum kelas atas menghabiskan liburannya, Baia tetap menjadi destinasi kelas dunia dengan pesona alam yang rupawan. Khususnya para pecinta diving, snorkeling dan alam laut.

Beberapa spot diving yang ada di Baia antara lain Smokey Reef, Portus Julius, Pisonian Villa, Villa Protiro, Maritime Villa, Aragonese Castle, Sunken Nymphaeum hingga Mercusuar Miseno. Tentunya, ini jadi atraksi unik tersendiri, karena bekas bangunan Baia masih bisa ditemukan di bawah laut.

Bahkan, beberapa peninggalan unik dan bersejarah besar ada di sini. Seperti Kastil Baia, Kuil Serapis, serta Kastil Rione Terra yang sangat cantik. Bagaimana, tertarik ke sini?

Komentar

Loading...