Harga Emas Menguat Imbas Ketegangan di Timur Tengah

liputan6 Ilustrasi Harga Emas

New York - Harga emas menguat seiring fokus pelaku pasar terhadap ekonomi China yang dapat berisiko terhadap harga komoditas.

Selain itu, ketegangan Timur Tengah juga mendorong investor beralih investasi ke aset safe haven. Harga emas sempat sentuh level tertinggi sejak April 2018.

Harga emas di pasar spot sempat naik 0,7 persen ke posisi USD 1.351,16 per ounce pada pukul 12.47 GMT usai sentuh level tertinggi sejak April 2018 di kisaran USD 1.358,04 pada awal sesi perdagangan.

Harga emas sudah menguat 0,8 persen pada pekan ini. Harga emas berjangka naik satu persen ke posisi USD 1.356,9 per ounce.

"Konsentrasi pelaku pasar terhadap makroekonomi yang suram terutama kemungkinan AS akan segera menurunkan suku bunga," kata Ross Norman, Chief Executive Sharps Pixley, seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (15/6/2019).

Investor membeli emas dengan harapan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve yang harus membalikkan kebijakan pengetatan sebelumnya sehingga menekan dolar AS dan mengangkat harga emas.

Komentar

Loading...