Abdya Tuan Rumah Expo Ternak 2019

Kepala Distanpan Abdya, Nasruddin.(Yusnizar)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Untuk pertama kalinya Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditunjuk sebagai tuan rumah Expo Ternak se- Provinsi Aceh Tahun 2019. Acara tersebut akan berlangsung di Lapangan Pulau Kaye Kecamatan Susoh pada Bulan Juli mendatang.

"Untuk memantapkan kegiatan itu, berbagai persiapan telah dilakukan termasuk pihak Dinas Peternakan Aceh sudah melakukan rapat Koordinasi Bulan Bakti Peternakan yang dihadiri oleh seluruh kepala dinas dan kepala bidang peternakan seluruh Aceh, dan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH, di Aula Bappeda Abdya kemarin,"kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupatn Abdya kepada AcehBisnis Jumat (14/6/2019).

Menurutnya, expo nanti akan menghadirkan ratusan hingga ribuan hewan ternak unggul itu. "Alhamdulillah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipercayakan sebagai tuan rumah untuk tahun ini,"sebut Nasruddin.

Pameran hewan ternak ini kata Kepala Distanpan Abdya merupakan agenda Dinas Pertanian Aceh dalam rangkaian Bulan Bakti Peternakan yang digelar mulai Tanggal 11-14 Juli 2019 nanti.

Nasruddin menjelaskan bahwa, expo ternak nanti meliputi perlombaan ternaik sapi, kerbau, kuda jantan, kambing PE jantan serta pameran pertanian yang akan memamerkan produksi olahan pertanian dan peternakan.

Diterangkan Nasruddin, untuk kategori kontes perlombaan meliputi kontes Sapi, terbagi pada beberapa kelas yakni kelas estrim bebas tahun dan kelas limosin (sapi 2 sampai 3 tahun), kelas simental, kelas brangus (2-3 tahun). Selain itu juga ada kontes Sapi Bali dan Sapi Aceh.

Kemudian juga dengan kontes kerbau, ada kelas ekstrim, kelas ekstrim ini khusus kerbau (jantan). Serta kontes Kuda, juga khusus jantan, begitu juga dengan Kontes Kambing PE (Peranakan Etawa).

Kegiatan tersebut kata Kepala Dinas dimaksud dilakukan dengan tujuan selain menjadi ajang menjalin silaturrahmi sesama peternak seluruh Aceh juga dapat merespon masyarakat Abdya untuk termotifasi agar lebih giat dalam melakukan peternakan dan jangan terpikir peternakan tidak bisa menghasilkan.

Kemudian katanya sebagai bagian untuk mempromosikan Kabupaten Abdya ke tingkat provinsi dan nasional serta dengan adanya kegiatan itu dapat mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.()

Komentar

Loading...