Jurusan KPI IAIN Langsa Bedah Kurikulum Mata Kuliah

Muhammad Zamroni ketua ASKOPIS saat memaparkan bedah kurikulum mata kuliah. (Syahrial/Aceh Bisnis)

Langsa, AcehBisnis - Guna menghadapi perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar tenaga kerja pada masa mendatang, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa sejak dua hari lalu melakukan bedah kurikulum mata kuliah yang langsung di pandu oleh Ketua Umum Pimpinan Asosiasi Program Studi Komunikasi Islam (ASKOPIS) Muhammad Zamroni, Kamis(13/6/2019 bertempat di ruang Fakultas setempat.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh tenaga pengajar dan para ketua Program Studi serta sekretaris jurusan se-Fakultas Ushuluddin , Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Langsa.

ketua Prodi jurusan KPI Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Langsa Zulkarnain, MA mengatakan, kegiatan yang digagas pihaknya ini merupakan keinginan yang lama untuk melihat dan mengevaluasi seluruh mata kuliah yang selama ini di ajarkan di jurusan KPI.

“Dengan perkembangan teknologi dewasa ini serta tuntutan kebutuhan dengan kerja yang semakin kompleks kita ingin mata kuliah yang kita miliki mampu menjawab tantangan tersebut, sehingga pada hari ini kita mencoba menuju kearah tersebut,” ujar Zulkarnain.

Sementara itu Dekan FUAD Dr. Muhammad Nasir, MA menyambut hangat kegiatan yang dilaksanakan oleh Prodi KPI ini, Ia bahkan mengharapkan seluruh jurusan yang ada di FUAD dapat melakukan langkah yang sama agar semua mata kuliah yang di ajarkan pada semester depan sesuai dengan tuntutan zaman.

“Saat ini kita terus melakukan evaluasai baik dari segi administrasi dan akademik, apa yang dilaksanakan hari ini oleh Prodi KPI merupakan bagian dalam upaya pembenahan tersebut, kita harapkan semua agenda kerja akan selesai dalam tiga bulan kedepan sehingga kita lebih seiap menerima peserta didik pada tahun ajaran mendatang,” ujar Nasir.

Pada bagian lain dalam pemeparannya Muhammad Zamroni ketua ASKOPIS mengatakan, saat ini sesuai dengan tuntutan Akreditasi, maka jurusan harus mampu menyusun mata kuliah yang memiliki muatan keilmuan dan keterampilan yang aplikatif, bahkan porsi mata kuliah keahlian akan lebih besar diberikan dari pada mata kuliah keilmuan.

"Nantinya dengan kurikulum yang baru, jurusan KPI IAIN Langsa akan mampu bersaing dengan kampus lain di seluruh Indonesia karena kurikulum yang diajarkan telah sama hanya tinggal bagaimana tenaga pengajanya," demikian kata Zamroni meutup pembicaraan.(Syahrial)

Foto : Muhammad Zamroni ketua ASKOPIS saat memaparkan bedah kurikulum mata kuliah. (Syahrial/Aceh Bisnis)

Komentar

Loading...