Tiga Kabupaten di Aceh Terdampak Erupsi Gunung Sinabungkali

Banda Aceh - Kepala BPBA, Ahmad Dadek mengatakan, hingga hari ini ada tiga kabupaten di Aceh yang terdampak debu vulkanik dari Gunung Sinabungkali di Tanah Karo, Sumatera Utara yang erupsi, Minggu (9/6/2019) kemarin. Ketiga kabupaten itu yakni Aceh Selatan, Aceh Tenggara dan Simeulue.

Menurutnya, debu vulkanik ini dirasakan di Aceh Tenggara sejak menjelang Minggu malam. Sementara di Aceh Selatan dan Simeulue, debu vulkanik dirasakan Minggu Malam.

"Dampaknya menyebar luas di lima kecamatan di Aceh Selatan yakni Trumon, Trumon Timur, Trumon Tengah, Bakongan serta Kluet Utara," ujarnya Senin (10/6/2019).

Pada kelima kecamatan ini dilaporkan bahwa debu menyelimuti rumah warga dan jarak pandang mulai terganggu. Hal ini berarti bahwa potensi iritasi mata mulai nyata. Sementara di Simeulue, debu vulkanik menutupi pepohonan dan atap rumah warga.

"Jangkauan debu vulkanik Gunung Sinabung ini jauh hingga 160 mil ke arah Simeulue. Sejauh ini, belum ada warga yang menginginkan karena debu vulkanik ini," katanya sembari menambahkan pihak terkait akan melakukan penanganan.()

Komentar

Loading...