Butuh Motor Baru untuk Bekerja, Berikut Pilihannya

SYM dan SM Sport Bawa Dua Motor Baru di Jakarta Fair 2019 (Arief A / Liputan6.com)

Jakarta Sepeda motor menjadi solusi bagi Anda yang bekerja di wilayah perkotaan. Bagi Anda yang mencari motor baru untuk dipakai bekerja, ada banyak pilihannya.

Bisa memilih berdasarkan harga, jenis motor sampai kegunaan yang spesifik. Berikut motor baru yang bisa jadi pertimbangan.

Jenis motor skutik banyak dipakai karena dinilai praktis. Pilihannya sangat beragam, mulai dari yang murah sampai seharga mobil. Skutik ekonomis menawarkan fungsi dan efisiensi. Sedang desain maupun fiturnya tak muluk-muluk. Kisaran harga di rentang Rp 15 jutaan. Pilihannya ada Honda Beat, Suzuki Nex II dan lini Yamaha Mio. Masing-masing punya nilai plus. Tinggal pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Kalau ingin yang lebih menawan, ada skutik menengah. Biasanya menawarkan kapasitas mesin lebih besar atau fitur yang lebih kaya. Makanya banderol harga juga lebih tinggi. Paling laris ada skutik bongsor Yamaha Nmax dan Honda PCX. Nominasi lainnya Yamaha Aerox, Lexi dan FreeGo serta Honda Vario 150. Kisaran harganya Rp 20 - 30 jutaan. Di segmen ini, desain dan fitur jadi pertimbangan. Tapi tetap menawarkan konsumsi bahan bakar perkotaan yang terbilang ramah.

Ada juga skutik antimainstream dari pabrikan non-Jepang. Pilihannya lini Vespa dengan tawaran mesin 125 cc dan 150 cc. Banderolnya kisaran Rp 30 - 40 jutaan. Kompetitornya ada merek yang hidup kembali, Lambretta. Dari merek Cina juga ada, seperti Kymco dan SYM yang menawarkan beragam skutik dengan fitur dan banderol menarik.

Sedang skutik besar yang populer dan masih bisa dijangkau harganya, Yamaha XMax 250 dengan harga Rp 59,3 juta. Honda juga punya Forza dengan mesin 250 cc, meski harganya terbilang tinggi, Rp 81,7 juta.

Sport

Kalau suka motor laki-laki atau jenis sport, pilihannya juga beragam. Biasanya jenis fairing dan naked. Tapi karena kebutuhannya untuk bekerja, rentang mesinnya pilih yang tak lebih dari 250 cc. Opsinya cukup banyak, seperti: Honda CBR150R, CBR250R, CB150R, CB150 Verza; Yamaha MT-15, Vixion, Vixion R, MT-25, R15, R25; Kawasaki Ninja 250 dan Z250; Suzuki GSX-S150, GSX-R150 dan GSX150 Bandit. Boleh juga memilih sport underbone seperti Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria F150.

Adventure

Motor bergaya adventure dan sejenisnya kadang jadi pilihan buat bekerja. Jadi tak cuma dipakai turing ke pelosok. Bagi Anda yang memang bekerja di area dengan kondisi jalan tak ramah, pilihan motor adventure bakal sangat pas. Tapi kalau mau digunakan di perkotaan, sah saja. Pilihannya cukup variatif dengan mesin 150 - 250 cc. Ada Kawasaki KLX150 dan KLX230; dan Honda CRF150L serta CRF250Rally. Model-model itu yang paling umum dijumpai di jalan. Sedang sejumlah model lain dari pabrikan non-Jepang juga ada. Hanya saja kurang umum digunakan.

Retro-Klasik

Satu lagi pilihan motor baru yang bisa Anda pakai untuk bekerja. Jenisnya punya tampilan klasik tapi bukan motor lawas, maupun custom. Jenis motor retro-modern seperti cruiser, cafe racer dan teman-temannya tengah digemari. Paling sering dijumpai: Kawasaki W175 dan W250, Benelli Motobi 200 sampai Royal Enfield 300. Rentang harga mulai dari RP 30 - 70 jutaan.

Komentar

Loading...