Longsor Terjadi di Lintas Nasional di Aceh Besar

Petugas berjaga-jaga di lintas nasional Banda Aceh - Meulaboh tepatnya di Gle Pulot, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, pascalongsor, Sabtu (8/6) (Foto : Istimewa)

Aceh Besar - Sejumlah bongkahan batu terjatuh dari gunung ke badan jalan nasional Banda Aceh Calang, tepatnya di kawasan Glee Pulot, Kecamatan Leupung, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (8/6/2019). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Bongkahan batu yang jatuh itu diketahui setelah adanya laporan dari warga yang melintas di kawasan itu,”kata Petugas Pusdalops BPBA, Iqbal kepada wartawan di Banda Aceh.

Ia menyebutkan, lokasi jatuhnya bongkahan batu tidak jauh dari pos pengamanan mudik di Lamseunia.

“Bongkahan batu berukuran kecil dan sedang jatuh dari gunung dan berserakan ke badan jalan karena curah hujan yang tinggi,”kata dia.

“Meski tidak ada korban dalam peristiwa ini dan tak terjadi kemacetan yang berarti, masyarakat harus berhati-hati saat melintasi jalan tersebut, khususnya saat curah hujan masih tinggi yang beberapa hari ini melanda kota Banda Aceh dan Aceh Besar,”jelasnya.

Kemudian petugas gabungan langsung membersihkan bebatuan yang jatuh ke jalan secara manual. Untuk saat ini, kata dia, keadaan masih tetap normal.

“Masyarakat diharapkan agar berhati-hati dan tetap waspada, khususnya bagi yang melintas di kawasan pegunungan,”ungkapnya.

Penanganan longsoran tersebut, melibatkan petugas gabungan dari, TNI, Polisi, BPBD, Dishub, RAPI, dan instansi terkait lainnya terus melakukan pemantauan dan pengaman di beberapa titik yang rawan longsor.

Selama arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah hingga arus balik Pusdalops PB BPBA bersama BPBD kabupaten/kota se-Aceh dan pihak terkait lainnya melakukan pemantauan lokasi rawan bencana dan pengaman di 23 kabupaten/kota se- Provinsi Aceh. ()

Komentar

Loading...