5 Bahaya Kesehatan Terlalu Sering Memakai Sandal Jepit, Waspadai

Sandal jepit | Via: istimewa

Jakarta Sandal jepit mungkin sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh orang Indonesia. Hal ini disebabkan penggunaan sandal jepit yang mudah dan nyaman dipakai saat melakukan kegiatan santai.

Memakai sandal jepit dapat melindungi kamu dari menginjak kotoran hingga benda tajam. Selain itu, sandal jepit juga bisa mencegah kaki kamu terkena kadas kurap serta mata ikan. Alas kaki satu ini memang sangat bermanfaat dan praktis.

Namun, kamu harus berhati-hati bila terlalu sering menggunakan sandal jepit kemana-mana. Ternyata, sandal jepit dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada kaki bila terlalu sering memakainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/8/2019) tentang bahaya terlalu sering memakai sandal jepit.

Kaki Sakit dan Mudah Terkilir

1. Membuat Telapak Kaki dan Tumit Sakit

Bahaya pertama ini disebabkan karena sol sandal jepit yang rata. Hal ini menyebabkan telapak kaki menjadi rentan terasa nyeri dan mengalami pembengkakan. Selain itu, sol yang rata pada sandal jepit juga bisa membuat tumit menjadi sakit. Hal ini menyebabkan urat urat tendon telapak kaki akan tertarik dan menyebabkan peradangan. Peradangan ini nantinya akan membuat tumit kamu sakit saat menapakkan kaki di lantai. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan alas kaki yang tepat untuk menyangga tumit. Pilihlah alas kaki yang bisa menunjang struktur telapak kaki alami kamu.

Untuk meredakan peradangan atau nyeri yang terjadi pada tumit dan telapak kaki ini, kamu bisa meminum obat anti nyeri seperti ibuprofen. Namun bisa rasa sakitnya masih belum hilang, periksakanlah ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan kamu untuk menikuti terapi fisik atau menggunakan suntik kortison. Jadi lebih baik kamu mencegah terjadinya penyakit ini sebelum terlambat dengan mengurangi penggunaan sandal jepit.

2. Membuat Kaki Mudah Terkilir

Walaupun kamu hanya menggunakan sandal jepit saat pergi ke warung dekat rumah atau saat berjalan-jalan di taman saja bisa membuatkaki menjadi mudah pegal. Bahkan tidak jarang terbiasa memakai sandal jepit menyebabkan kaki mudah terkilir dan keseleo.

Hal ini disebabkan oleh sol sandal jepit yang rata tidak mendukung lengkungan kaki alami kamu, sehingga bagian depan kaki menjadi refleks mencengkeram ke tengah tubuh dan tidak dalam posisi tetap lurus saat digunakan berjalan. Hal inilah yang menyebabkan keseleo, karena pergelangan kaki cenderung memutar ke dalam atau keluar.

Mengubah Gaya Jalan dan Tidak Cocok Untuk Berkendara

3. Mengubah Postur Tubuh dan Gaya Jalan

Penggunaan sandal jepit terlalu sering bahkan bisa mengubah postur tubuh dan gaya jalan dengan permanen. Lagi-lagi karena sol sandal jepit yang rata sehingga tidak mengikuti lekuk alami kaki, yang berakibat kepada telapak kaki menjadi cenderung rata. Padahal, lengkungan kaki yang terdapat pada telapak kaki kamu memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh, yaitu untuk menyeimbangkan gerak tubuh. Dengan ratanya telapak kaki kamu akibat penggunaan sandal jepit yang terlalu sering tidak hanya nyeri kaki ataupun sakit pada otot otot kaki yang bisa menjadi akibatnya, namun bisa juga menjalar sampai ke pinggul dan pinggang. Hal ini terjadi karena tulang belakang tubuh mecoba menahan badan agar tetap tegak saat kamu berjalan maupun hanya berdiri.

4. Rentan Luka

Sandal jepit biasanya terbuat dari sol karet yang bila dipakai secara terus menerus bisa menipis. Saat sol telah menipis, sandal jepit akan menjadi semakin berbahaya untuk kamu gunakan. Hal itu karena tentu saja objek objek tajam dapat menusuk telapak kaki kamu karena sol yang telah tipis. Selain itu, alas dari sandal jepit biasanya licin, bisa menyebabkan kamu lebih mudah terpeleset dan menyebabkan lecet pada tumit atau ujung jari kaki.

5. Tidak Cocok Dipakai Saat Berkendara

Sandal jepit memang tidak cocok dipakai saat berkendara. Baik itu saat kamu mengemudikan mobil, maupun kendaraan lainnya. Sol yang licin bisa membuat kaki terpeleset saat menginjal pedal gas atau rem, yang tentunya bisa berdampak sangat fatal. Kamu bisa mengalami kecelakaan yang bisa membahayakan nyawamu bahkan orang lain.

Komentar

Loading...