Pencinta Kopi, Jika ke Aceh Wajib Beli Biji Kopi Ini

vivailustrasi kopi

Jakarta - Penggemar kopi, jangan lupa beli biji kopi di lima daerah penghasil kopi ini. Ada yang punya kopi robusta dengan aroma mantap hingga arabika beraroma jeruk segar.

Mampir ke Aceh hingga Flores sebaiknya jadikan biji kopi dengan kualitas terbaik sebagai buah tangan. Sebab di sana ada kopi Gayo hingga Bajawa yang mendunia.

1. Lampung
Pencinta Kopi, Jika ke Bali atau Aceh Wajib Beli Biji Kopi IniFoto: Istimewa

Lampung merupakan salah satu produsen kopi robusta terbesar di Indonesia. Cita rasa kopinya kuat dengan body yang penuh dan aroma yang mantap. Kopi luwak juga banyak diproduksi di sini. Kopi Lampung sangat cocok untuk penggemari kopi tubruk. Jadi jangan lewatkan kopi Lampung jika melewati wilayah selatan pulau Sumatera ini.

2. Aceh

Minum kopi sudah jadi budaya bagi masyarakat Aceh. Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kopi Gayo. Rasa yang khas dan aroma harum membuat penikmat kafein ketagihan. Kopi Gayo punya karakter full body dengan rasa tanah dan spicy yang khas. Tingkat keasamannya pun tergolong sedang.

Salah satu wilayah yang dikenal dengan penghasil biji kopi gayo populer ialah Kabupaten Bener Meriah. Jadi kalau sedang di sana, tak ada salahnya membeli biji kopi gayo sebagai buah tangan.

3. Flores

Banyak ditanam di Pegunungan Flores, Nusa Tenggara Timur, cita rasa kopi Flores Bajawa sudah mendunia. Biji kopi ini memiliki karakteristik kekentalan yang tinggi plus aksen rasa coklat dan vanili. Selain kopi Bajawa, Flores juga punya biji kopi arabika yang tak kalah enak bernama kopi Manggarai. Biji kopi ini tumbuh di Kabupaten Manggarai.

4. Banyuwangi

Jenis kopi yang bisa Anda beli jika mampir ke Banyuwangi ialah Kopi Kemiren. Biji kopi ini diolah masyarakat Desa Adat Using Kemiren, Kecamatan Glagah.

Selain itu, adapula Kopi Lanang dan Kopi Seblang hingga Kopi Pingit, kopi robusta yang berasal dari pegunungan Gumitir di Kecamatan Kalibaru yang sengaja disimpan selama 1 tahun.

5. Bali

Kopi Kintamani juga tak kalah populer. Jenis kopi arabika yang satu ini punya rasa yang lembut manis. Ditanam di dataran tinggi Kintamani dengan ketinggian 900 mdpl, seduhan kopi Kintamani memiliki aroma jeruk yang khas dan tingkat keasaman yang sedang. Kabarnya kopi Kintamani sudah diekspor ke Amerika Serikat sejak tahun 1825.

Komentar

Loading...