7 Buah yang Dipercaya Dapat Menurunkan Kolesterol Usai Lebaran

Ilustrasi jeruk (dok. Pixabay.com/pixel2013/Putu Elmira)

Jakarta - Memasuki momen Lebaran, tentu ada beragam makanan yang mengandung kalori dan kolesterol yang Anda santap. Untuk dapat menurunkan kedua kandungan itu, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Satu di antaranya adalah mengonsumsi buah-buahan yang diyakini dapat menurunkan kolesterol. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Jeruk

Buah dengan rasa asam dari keluarga jeruk baik jeruk mandarin, jeruk bali, hingga jeruk keprok ini merupakan buah paling baik untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Jeruk mengandung hesperidin, senyawa yang mampu menurunkan gejala hipertensi, ada pula senyawa pektin yang mampu mengurangi risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

2. Stroberi

Buah asam berserat ini diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol yang beredar dalam aliran darah. Antioksidannya yang tinggi sangat baik menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Alpukat

Buah alpukat dianjurkan untuk penderita kolesterol tinggi. Tak hanya kaya vitamin (K, C, B5, B6, E) yang berperan sebagai antioksidan yang membawa LDL turun, tetapi juga menaikkan kadar HDL sebagai kolesterol baik sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

4. Tomat

Tomat sangat baik menurunkan kolesterol karena antioksidannya yang tinggi seperti vitamin A, B, C dan K. Tak hanya membantu menyerap kolesterol jahat, namun juga membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

5. Anggur

Anggur dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol. LDL diserap sehingga dapat menetralkan kadarnya di dalam pembuluh darah.

6. Apel

Apel memang jadi buah super yang tak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga kadar kolesterol pada umumnya. Pektin di dalam serat apel mampu mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penggumpalan darah.

7. Pepaya

Pepaya memiliki kalori rendah dengan serat tinggi yang mampu menyerap kolesterol jahat di dalam darah untuk dikeluarkan dari tubuh sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol alami.

Komentar

Loading...