Setelah Rutan Sigli Dibakar, 90 Napi Dipindah ke Lapas Wanita-Polres Pidie

Banda Aceh - Pascapembakaran Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sigli, Aceh, puluhan napi akan dievakuasi hari ini. Sekitar 90 napi rencananya akan dipindah ke Lapas Wanita Kelas III Pidie dan Polres Pidie.

"Rencananya 90 orang tahanan akan dievakuasi hari ini dititip di lapas perempuan Pidie dan Polres Pidie," kata Humas Ditjen Pemasyarakatan Adek Kusmanto, saat dihubungi, Selasa (4/6/2019).

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami, mengingatkan kepada seluruh lapas dan rutan agar menjaga lingkungan tetap kondusif. Dia meminta pelaksanaan tugas harus berdasarkan SOP.

"Dalam pelaksanaan tugas harus berdasar aturan dan sesuai SOP yang diterapkan dengan baik dan benar. Penegakan hukum sekaligus pelindungan HAM, teriring doa semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya," ucap Sri dalam keterangannya.

Sebelumnya, tujuh tahanan titipan Rutan Klas II B Sigli, Aceh melarikan diri dengan memanfaatkan suasana rutan gelap gulita saat listrik padam tadi malam. Tiga di antaranya sudah ditangkap kembali.

Kepala Rutan Sigli Mathrios Zulhidayat Hutasoit mengatakan, tiga tahanan kasus narkoba berhasil kabur dengan meloncat pagar rutan. Mereka dibekuk polisi dan kemudian dibawa ke Polres Pidie.

Ketika diperiksa, ketiga tahanan titipan ini mengaku ada empat tahanan lain yang sudah duluan kabur. Mathrios memperkirakan mereka kabur dengan melompat pagar di sudut belakang Rutan.

"Ketujuh tahanan narkoba yang kabur itu titipan Polres begitu informasi dari Wakapolres. Empat tahanan lain masih diburu, dan tiga sudah tertangkap," jelas Mathrios.

Komentar

Loading...