Harga Emas Melonjak karena Kekhawatiran Perang Dagang

liputan6.comilustrasi emas

Jakarta - Harga emas naik lebih dari 1,5 persen pada perdagangan Senin dan menyentuh level tertinggi dalam 3 bulan di tengah kekhawatiran ketegangan perdagangan AS can China, sekaligus adanya ancaman pengenaan tarif dari Washington terhadap Meksiko.

Mengutip CNBC, Selasa (4/6/2019), harga emas di pasar spot naik 1,4 persen menjadi USD 1.323,62 per ounce, setelah naik 1,6 persen ke harga tertinggi sejak 28 Februari di USD 1.325,72 per ounce.

Sedangkan untuk harga emas berjangka AS ditutup naik 1,28 persen ke level USD 1.327,90 per ounce.

"Masih ada perang dagang dan seputaran pengenaan tarif ke Meksiko. Ada langkah investor untuk memborong logam mulia," jelas Bob Haberkorn, analis senior RJO Futures.

Hubungan antara Amerika Serikat dan Cina mendapat sentakan lain ketika kedua negara tersebut bertemu daam Shangri-La Dialogue di Singapura pada hari Minggu kemarin.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan, ancaman dari Presiden AS Donald Trump kepada Meksiko akan sangat menghancurkan dan tidak akan menghentikan gelombang migran Amerika melintasi perbatasan selatan AS.

Hal tersebut membuat investor mencari instrumen lindung nilai salah satunya adalah logam mulia. Dampaknya, harga emas pun melambung.

Komentar

Loading...