Hal-hal yang Dilarang Saat Hari Raya Idul Fitri, Jaga Diri Untuk Tidak Berlebihan

Hal-hal yang Dilarang Saat Hari Raya Idul Fitri / Sumber: iStockphoto

Jakarta, AcehBisnis - Hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri adalah berbagai hal yang berlebihan. Perayaan hari raya idul fitri kadang memang ditanggapi secara salah oleh banyak orang dengan melakukan banyak hal yang berlebihan dan tidak sepatutnya.

Padahal hari raya idul fitri sudah seharusnya diisi dengan ibadah dan amalan kebaikan agar mendapatkan rahmat dan berkah Allah SWT di hari kemenangan. Hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri sudah seharusnya dihindari.

Hari raya idul fitri sebaiknya diisi dengan melakukan berbagai hal baik seperti bersilaturrahmi ke rumah keluarga dan menjalankan salat idul fitri bersama kelaurga di masjid ataupun di lapangan. Jadi kamu harus meninggalkan semua hal yang dilarang saat hari raya idul fitri ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/6/2019) tentang hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri

Puasa dan Menunda Salat
1. Puasa

Hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri salah satunya adalah Puasa. Meski baru menyelesaikan kewajiban melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, bukan berarti pada hari pertama bulan Syawal yaitu di hari raya idul fitri kamu juga harus berpuasa.

Kewajiban berpuasa telah selesai bersamaan dengan selesainya bulan Ramadan, kecuali bagi orang-orang yang memiliki hutang puasa. Namun tetap saja berpuasa tidak diperbolehkan untuk siapapun yang ingin melakukannya. Hukum berpuasa di hari raya idul fitri adalah haram, begitu pula di hari raya idul adha.

Meskipun puasa merupakan salah satu amalan dan ibadah yang baik untuk dilaksanakan, namun puasa tidak boleh dilakukan di hari-hari tertentu termasuk hari raya idul fitri. Sudah sepatutnya umat islam merayakan hari raya idul fitri yang meruoakan hari kemengan dengan berbahagia. Hadits Riwayat Abu Hurairah r.a disebutkan bahwa:

“Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.”

Jadi sudah jelas disebutkan pada hadits di atas bahwa Nabi Muhammad SAW melarang seluruh umat islam untuk berpuasa di hari raya idul fitri serta hari raya idul adha. Puasa termasuk ke dalam daftar hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri.

2. Tidak Menyegerakan Salat

Hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri selanjutnya adalah tidak menyegerakan salat. Seperti yang telah seluruh umat islam ketahui, memang kita dianjurkan untuk salat di awal waktu, dan tidak menunda-nundanya.

Orang-orang yang menunda salat akan masuk ke neraka karena tidak mendahulukan kepentingan mereka kepada Allah SWT yang menciptakan manusia. Biasnya pada hari raya idul fitri akan banyak acara acara kumpul keluarga dan jalan-jalan keluarga.

Acara acara ini tidak jarang malah membuat salat sekelurga menjadi terlambat atau menjadi tertunda. Tentunya salah satu hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri ini tidak bias menjadi alasan untuk menunda salat kamu.

Kamu harus senantiasa mendahulukan kepentingan akhirat yaitu menjalankan kewajiban kepada Allah SWT sang pencipta daripada kepentingan duniawi yang fana. Jangan sampai kamu menunda-nunda salat apalagi malah ketinggalan dan tidak melaksanakan salat. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”.(QS. An-Nisa: 103).

Jadi hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri salah satunya adalah menunda-nunda salat karena banyak orang menjadikan acara keluarga sebagai alasannya di hari raya idul fitri ini.

3. Makan Dengan Berlebihan

Makan dengan berlebihan merupakan salah satu hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri. Tentunya hari raya idul fitri sangat identik dengan banyaknya makanan dan minuman yang sangat enak.

Banyak orang yang tidak bisa menahan dirinya untuk tidak menghabiskan makanan yang disediakan saat hari raya idul fitri ini. Makan dengan berlebihan menjadi salah satu hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri karena kita smeua tahu bahwa segala hal yang berlebihan itu memang tidak baik. Dalam kitab Adab Al-Syafi’I wa Manaqibi Imam Syafi’I berkata bahwa:

“kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”

Dari pernyataan Imam Syafi’I di atas sudah jelas bahwa makan dengan berlebihan itu tidak baik dan merupakan satu hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri. Banyak sekali dampak negatif yang bisa disebabkan oleh makan berlebihan terutama saat hari raya idul fitri.

4. Berpakaian dan Berdandan Dengan Berlebihan

Allah SWT Berfirman:

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al-A’raf: 31)

Dalam firman Allah SWT di atas telah jelaslah bahwa berpakaian dan makan dengan berlebihan merupakan salah satu hal-hal yang dilarang saat hari raya idul fitri. Apalagi bila kamu menggunakan pakaian yang menyebabkan aurat terbuka atau telalu ketat, tentu saja kamu akan mendapatkan dosa.

Jadi jangan sampai kamu berlebihan dalam berpakaian pada hari raya idul fitri, karena hanya akan mendatangkan kemudaratan dan tidak disukai oleh Allah SWT.

Komentar

Loading...