7 Napi Rutan Klas II B Sigli Kabur, Tiga Tertangkap Empat Masih Buron

Banda Aceh, AcehBisnis - Diketahui tujuh orang narapidana melarikan diri pasca kerusuhan yang terjadi di Rutan Klas II B Sigli, Pidie, Senin (3/6/2019) kemarin. Namun, tiga orang napi sudah tertangkap sementara empat orang lainnya masih dalam pengejaran petugas.

Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, para napi ini kabur tadi malam sekira pukul 21.30 WIB. Padahal, kerusuhan dan pembakaran yang terjadi siang kemarin telah dapat diamankan oleh petugas dan pihak terlibat.

"Tiga yang tertangkap yakni Muksalmina (38) dan Herman (40), warga Pidie Jaya serta Edi Saputra (19), warga Pidie. Mereka napi kasus narkoba jenis sabu dan ganja, untuk Muksalmina dan Herman divonis 4 tahun, sementara Edi belum sidang," ujarnya Selasa (4/6/2019).

Sementara, kata Direktur, empat orang napi yang kabur lainnya yakni Marjo, Ahmad Blong, Edi Laweung serta Tgk Maimun Keumala. Keempat napi ini juga merupakan napi kasus narkoba jenis Ganja dan sabu yang hingga kini masih dalam penyelidikan dan pencarian petugas.

"Tim gabungan Jatanras Polda Aceh dan Sat Reskrim Polres Pidie menangkap ketiga napi itu di belakang rutan saat tengah sembunyi, sementara empat lagi masih buron. Ketiganya diamankan ke Polres Pidie untuk diperiksa lanjut," kata Agus.

Dari hasil pemeriksaan terhadap salah satu napi tertangkap yakni Edi, diketahui bahwa provokasi dan pembakaran rutan karim terjadi atas ulah Ahmad Blong yang sudah melarikan diri dan kini masih dalam pengejaran.

"Jadi yang masih dikejar Marjo, Ahmad Blong, Edi Laweung serta Tgk Maimun Keumala. Pengamanan di rutan juga diperketat untuk mengantisipasi terjadinya napi lain yang kabur," tambah Kombes Pol Agus Sarjito. (TIM)

Komentar

Loading...