Pantau Pasar, Bupati: Harga Sembako di Aceh Besar Masih Stabil

Foto: Acehbisnis.com

Aceh Besar, Aceh Bisnis - Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda, Senin (3/6/2019) meninjau pasar induk Lambaro Aceh Besar untuk memantau harga sembako menjelang hari Idul Adha 1440 Hijriah.

Bupati Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda langsung mendatangi sejumlah pedagang. Seperti pedagang bumbu masak, pedagang sayur, pedagang daging, pedangan ayam, pedangan ikan serta pedagang beras dan bahan sembako lainnya.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan, tinjau pasar dilakukan untuk memastikan ketersedian dan stabilitas harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang lebaran.

"Harga sembako yang ada di pasar lambaro masih stabil, tidak terjadi kenaikan sifnifikan," jelas Mawardi Ali, kepada wartawan disela-sela pantauannya tersebut.

Meskipun demikian, kata Bupati, ada sejumlah yang mengalami kenaikan  seperti cabe merah, cabe merah keriting, ayam boiler, daging, dan ikan bukan karena kurang stok, namun permintaan yang banyak, jadi otomatis naik harga,"jelasnya.

"Sedangkan sayuran dimana harganya masih normal dikarenakan telah tersedianya pasokan dari petani dan distributor jauh hari sebelumnya,"jelasnya.

"Kami berharap agar harga-harga tersebut dapat stabil kembali, dimana hanya daging, ayam, ikan dan cabe yang sedikit ada kenaikan dan ini kita maklumi terjadi karena menjelang meugang Idul Fitri permintaan meningkat,"jelasnya.

Namun, Pemerintah Aceh Besar akan tetap berusaha menekan harga sembako tidak naik pada H-1 atau sehari menjelang lebaran,” ujar Mawardi Ali.

Sementara itu, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar, Taufiq menjelaskan, ada beberapa harga bahan pokok yang mengalami kenaikan harga menjelang idul fitri.

Barang yang mengalami kenaikan seperti, ayam boiler Rp 24/kg, cabai merah keriting Rp 60/kg dan cabai merah besar Rp 70/kg. "Harga bahan pokok lainnya masih stabil dan bawang merah mengalami penurunan Rp 35 ribu dari sebelumnya Rp 40 ribu/kg,"pungkasnya.

Komentar

Loading...