Sudah Tahu Belum Berapa Harga 1 Motor MotoGP? Bikin Ngelus Dada!

Motor MotoGP. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Jakarta, Aceh Bisnis - Segudang teknologi canggih tersemat di dalam sebuah motor MotoGP. Tak heran kalau motor MotoGP bisa memiliki berlari super kencang di luar kecepatan motor pada umumnya.

Dengan segudang teknologi canggih itu, detikers sudah tahu belum berapa harga satu motor MotoGP?

Mengutip situs Box Repsol, Minggu (19/5/2019), biasanya satu motor MotoGP ditaksir memiliki harga sekitar 3 juta euro atau kalau dirupiahkan Rp 48,6 miliar.

Apa sih yang membuatnya begitu mahal? Dimulai dari mesin. Mesin motor MotoGP yang bisa ngacir itu dibanderol di kisaran 200.000-250.000 Euro atau setara Rp 3,2-4 miliar.

Ditambah lagi elektronik dalam motor MotoGP seperti sensor, kabel, panel harganya bisa lebih dari 100.000 Euro. Tak ada suku cadang yang murah.

Rem juga tak kalah mahal. Harga rem depan ditaksir 70.000 Euro yang terdiri dari tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon, dan 28 pad. Jika sebuah tim kekurangan salah satu komponen maka mereka harus membelinya secara terpisah.

Ban juga masuk dalam hitungan yang membuat harga sebuah motor MotoGP sangatlah mahal. Setiap motor MotoGP memiliki ban khusus yang berbeda tiap sirkuit. Michelin yang diketahui sebagai penyuplai tunggal ban motor MotoGP setidaknya harus menyiapkan 1,2 juta Euro yang setara dengan Rp 19,4 miliar.

Kalau mau motor balap yang harga jualnya lebih murah, pilihannya ada pada kelas Moto3. Satu motor yang bakal digunakan pada balap Moto3 kira-kira harganya 85.000 Euro atau Rp 1,3 miliar. Tapi perlu dicatat harga itu belum termasuk mesin yang ditaksir memiiki harga 12.000 Euro atau Rp 194 jutaan.

Komentar

Loading...