Polresta Banda Aceh Musnahkan 71 Kg Ganja dan 889 gram sabu

Barang buk pemusnahan ganja di Mapolresta Banda Aceh, Rabu (15/5/2019).

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Polresta Banda Aceh memusnahkan 72 bal ganja kering seberat 71,7 kilogram dan 889,8 gram sabu hasil sitaan. Seluruh barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan hasil pengungkapan kasus yang dilakukan Sat Resnarkoba Polresta Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasat Resnarkoba, AKP Budi Nasuha Waruwu mengatakan, sebanyak 72 bal ganja ini merupakan barang bukti yang disita dari tersangka EW dan MN yang kini masih diproses hukum lanjut.

"Barang bukti ganja ini disita saat akan dikirim pelaku ke luar Aceh melalui jasa pengiriman barang JNE dan Pos. Tersangka EW ditangkap Februari lalu di Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar setelah dilakukan penyelidikan," ujarnya saat pemusnahan narkoba di Mapolresta Banda Aceh, Rabu (15/5/2019).

Dari pengembangan yang dilakukan, diketahui ganja itu diperoleh EW dari tersangka MN. Tersangka MN pun ditangkap di sebuah warung kawasan Gampong Piyeung, Kecamatan Montasik, Aceh Besar kala itu.

Sementara, sebanyak dua bungkus sabu seberat 489,26 gram diamankan dari tersangka HM saat ia hendak menyelundupkan barang haram itu ke luar Aceh tujuan Jakarta melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar.

Mantan Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe ini menjelaskan, upaya penyelundupan sabu tersebut akhirnya digagalkan petugas bandara awal Februari lalu yang kemudian dilaporkan dan diamankan ke Polresta Banda Aceh untuk diproses lebih lanjut.

Kemudian, barang bukti lainnya yang diamankan dan dimusnahkan berupa empat bungkus sabu seberat 377,76 gram dari tersangka SY yang saat itu juga hendak menyelundupkan sabu ke luar Aceh melalui Bandara SIM.

"Rencananya barang haram ini akan dibawa tersangka ke Jakarta, namun saat itu dapat digagalkan petugas bandara yang kemudian diserahkan ke Polresta Banda Aceh," kata Trisno.

Selain itu, juga ada barang bukti sabu seberat 22,78 gram yang dimusnahkan. Barang bukti ini diperoleh dari tersangka MM yang ditangkap saat akan mengedarkan sabu di Rutan Klas II B Kajhu, Aceh Besar pada Maret lalu. Sabu ini diperolehnya dari seorang tersangka lain yang hingga kini masih DPO.

"Tersangka merupakan narapidana atas kasus yang sama. Saat ini seluruh tersangka masih dalam proses lebih lanjut. Jadi barang bukti yang dimusnahkan berupa 71.731,68 gram ganja kering dan 889,8 gram sabu. Sebagian barang bukti disisihkan untuk persidangan nanti," tambahnya. (hfz/ded)

Komentar

Loading...