Khas di Bulan Ramadan, Ketahui 8 Manfaat Mengonsumsi Kurma

Ilustrasi Kurma (iStockphoto)​

Jakarta, Aceh Bisnis - Pada bulan suci Ramadan, buah kurma seakan menjadi tren di kalangan umat muslim di Indonesia. Tak hanya buah, aneka olahan kurma pun juga banyak diminati para pembeli.

Daya jualnya yang tinggi membuat harga kurma juga melambung tinggi. Selain itu, karena permintaan pasar yang membludak, distributor pun akan mulai menyediakan dan menyalurkan berbagai jenis kurma ke pasaran.

Selain untuk memperbanyak distribusi, hal ini juga dilakukan agar masyarakat lebih mengenal berbagai varian kurma. Namun, masyarakat biasanya memakan kurma hanya karena sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Masih banyak dari mereka yang belum mengetahui manfaat apa saja yang akan diperoleh tubuh jika mengonsumsi kurma secara teratur. Melansir dari PopOptiq, Sabtu (11/5/2019), berikut adalah beberapa manfaat kurma setelah dikonsumsi oleh tubuh.

1. Meredakan Sembelit

Kurma sering disebut sebagai makanan pencahar, dan karena alasan ini, banyak penderita sembelit memakannya. Jika kamu ingin mendapat efek pencahar secara penuh, rendam kurma di dalam air semalaman, kemudian konsumsilah kurma tersebut sebagai makanan pertama di pagi hari.

Kurma memiliki kandungan serat larut yang tinggi, dan hal itu sangat penting karena dapat mendorong pergerakan usus yang sehat dan juga melancarkan pergerakan makanan melalui usus. Pada akhirnya, proses ini dapat meringankan gejala sembelit.

2. Membuat Tulang Lebih Kuat

Buah-buahan kering biasanya sangat baik untuk membuat tulangmu menjadi lebih kuat. Terutama karena ada banyak kandungan mineral di dalamnya.

Kurma dapat melawan penyakit yang melemahkan tulang, misalnya osteoporosis. Varietas organiknya mengandung mineral seperti tembaga, selenium, mangan, dan magnesium.

Semua mineral ini penting untuk kekuatan dan perkembangan tulangmu. Terutama saat usiamu bertambah dan tulangmu mulai melemah.

3. Baik Untuk Beberapa Gangguan Usus Tertentu

Sejalan dengan kandungan nikotin di dalam kurma, maka kurma dianggap baik bagi beberapa jenis gangguan usus. Jika kamu memakan kurma secara teratur, maka mereka sebenarnya dapat menghambat pertumbuhan organisme yang bersifat patologis.

Hal ini dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri "baik" di dalam usus. Selain itu, kurma juga mengandung serat yang dapat larut dan tidak dapat larut, serta asam amino dalam jumlah banyak yang dapat merangsang pencernaan makanan dan membuat makanan menjadi lebih efisien.

Dengan berbagai kandungan ini, maka akan ada lebih banyak nutrisi yang diserap oleh tubuhmu dan akan digunakan dalam penggunaan yang tepat.

4. Membantu Menambah Berat Badan
Secara keseluruhan, kurma mengambil bagian yang cukup besar dalam menu diet sehat. Itu karena, kurma terdiri dari protein, gula, dan banyak vitamin esensial.

Jika kamu mengonsumsinya dengan pasta mentimun, berat badanmu akan terjaga pada tingkat yang aman dan seimbang. Salah satu yang dikhususkan adalah kurma medjool, dan karena dalam satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, maka ini akan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian bagi tubuhmu. Selain itu, kurma juga dapat membantumu menambah berat badan, jika kamu menginginkannya.

5. Bisa Membuat Jantungmu Lebih Sehat

Kurma adalah buah yang dapat menyehatkan jantung. Ketika kurma direndam selama semalaman, dihancurkan pagi harinya, dan segera dikonsumsi, kurma diketahui memiliki efek positif pada jantung yang lemah.

Kurma memiliki banyak kandungan potassium di dalamnya, yang telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit terkait jantung, seperti stroke. Selain itu, kurma juga dapat mengurangi kadar kolesterol LDL, yang terbukti memiliki kontribusi terhadap serangan jantung dan stroke.

Jika kamu ingin membuat jantungmu menjadi lebih sehat, maka kamu disarankan untuk mengonsumsi kurma sebanyak dua kali dalam satu minggu.

6. Meringankan Efek Keracunan
Jika kamu meminum terlalu banyak alkohol, kurma dapat membantu membuatmu sadar dengan lebih cepat dan membuatmu merasa lebih baik.

Sekali lagi, merendam kurma semalaman dan mengonsumsinya sebagai makanan pertama di pagi hari dapat memberikan dampak yang bagus. Jika kamu mengalami mabuk berat, metode ini dapat digunakan untuk membantumu merasa lebih baik.

7. Baik Untuk Anemia

Dikarenakan kurma memiliki banyak mineral, termasuk zat besi, maka kurma adalah suplemen makanan terbaik bagi para penderita anemia. Kurma mengandung zat besi dalam kadar yang tinggi, dan hal tersebut dapat mengurangi kelelahan dan kelesuan, serta meningkatkan kekuatan serta energi.

Jika suka, kamu bisa menambahkan kurma ke dalam menu sarapan berupa sereal atau oatmeal. Kurma merupakan tambahan yang sempura untuk jenis makanan ini.

8. Bagus Untuk Diare

Seperti yang sudah diketahui bahwa kurma dapat membantu mengatasi sembelit, kalium yang ada di dalam kurma juga bisa menyembuhkan diare. Kurma sangat mudah untuk dicerna dan dapat dimakan kapan saja.

Jadi jika kamu menderita diare, yang harus kamu lakukan adalah memakan beberapa buah kurma. Serat mudah larut yang ada di dalam kurma dapat membuatmu buang air besar dengan lebih banyak dan setelahnya, akan menghentikan diare tersebut. Kurma juga sekaligus mendorong fungsi normal dalam sistem ekskresimu.

Komentar

Loading...