BBPOM Aceh Sidak Penjual Makanan Berbuka Puasa di Abdya

BBPOM Aceh melakukan Sidak Makanan Berbuka Puasa di Abdya. Foto Ist

Blangpidie, Aceh Bisnis - Untuk memastikan makanan berbuka puasa aman dan sehat di komsumsi masyarakat, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke sejumlah tempat penjualan makanan di Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)(8/5/19) sore.

Sidak tersebut dipimpin Kepala BBPOM Banda Aceh, Drs Zulkifl. Beliau didampingi Kadis Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes, Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, drh Nasruddin dan sejumlah pejabat Abdya lainnya.

"Kami turun dan melakukan pemeriksaan hari ini ke Abdya dalam rangka pemeriksaan makanan dan minuman berbuka puasa. Supaya makanan tidak mengandung bahan berbahaya,"kata Kepala BBPOM Banda Aceh, Drs Zulkifli di lokasi.

Zulkifli menjelaskan, makanan berbuka puasa yang dijual masyarakat itu diambil sampel dan akan diperiksa memakai mobil laboratorium keliling. "Hasilnya nanti kita akan umumkan. Sampel yang paling banyak kita ambil mie dan kue yang memakai pewarna,"ucap Zulkifli.

Hal itu dilakukan, mengingat dua makanan ini rentan memakai bahan berbahaya seperti boraks dan pewarna pakaian. "Sidak atau pemeriksaan ini kata lakukan seluruh Aceh,"katanya

Pemkab Abdya melalui Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes mengatakan Pemerintah Abdya sangat mendukung langkah BBPOM melakukan uji laboratorium sejumlah makanan berbuka puasa atau takjil di Abdya.

Ia berharap dalam pemeriksaan itu, tidak ditemukan lagi bahan berbahaya dalam makanan dan minuman berbuka puasa di Abdya.

Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan itu berharap kepada masyarakat dan pedagang supaya tidak memakai bahan berbahaya dalam makanan karena sangat berbahaya bagi kesehatan.(yra/ded)

Komentar

Loading...