Sambut Ramadhan, Ribuan Warga Abdya Penuhi Lokasi Wisata 

Blangpidie, Aceh Bisnis - Ribuan warga dari sembilan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Minggu (5/5/2019) penuhi sejumlah lokasi wisata di Kabupaten tersebut. Kegiatan yang bertajuk "makan-makan" bersama keluarga itu dilakukan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H.

Pantauan di lapangan, sejumlah lokasi wisata yang ramai dikunjungi antara lain, Sungai Krueng Baru di Kecamatan Lembah Sabil, Pantai Ujong Manggeng Kecamatan Manggeng, Irigasi Krueng Beukah, Sungai Krueng Beukah Kecamatan Blangpidie, Pantai Jilbab, Pantai Bali, Pantai Ujong Serangga Kecamatan Susoh, Sungai Alue Pinang Kecamatan Jeumpa, Pantai Lama Muda Kecamatan Kuala Batee serta Sungai Babahrot.

"Alhamdulillah, setelah melaksanakan Hari Meugang, kami warga Abdya tumpah ruah ke pantai dan lokasi wisata. Itu dilakukan dalam rangka makan bersama keluarga dan tentunya menyambut Bulan Ramadhan,"kata seorang warga Kecamatan Susoh, Masri saat ditemui di Pantai Ujong Manggeng kepada AcehBisnis Minggu (5/5/2019).

Menurutnya, makan bersama bersama keluarga dilakukan sudah turun temurun di Abdya. Beda dengan daerah lain di Aceh, mereka melakukan sepekan menjelang Ramadan. "Orang Abdya makan bersama sehari menjelang Ramadhan. Artinya setelah melaksanakan Hari Meugang kemarin,"sebut Masri.

Dikatakan, alasan dirinya memilih makan bersama ke Pantai Ujong Manggeng karena lokasinya sangat indah dan bagus. Ditambah dengan panorama yang indah serta pepohonan yang sejuk membuat siapa saja yang datang ke pantai itu pasti akan betah. Mereka pasti tidak akan pindah kecuali kalau sudah sore.

"Memang indah Pantai Ujong Manggeng, makanya banyak warga yang datang ke sana bersama keluarga. Belum lagi dengan kondisi pasir di pantai yang bersih sehingga nyaman bagi yang melaksanakan wisata ke daerah Kecamatan Manggeng tersebut,"katanya.

Selain itu, jalan menuju ke Pantai Ujong Manggeng juga sudah bagus dan tidak rusak. Hanya beberapa meter saja yang belum dilakukan pengaspalan di dalam kawasan pantai. Sementara jalan menuju ke sana sudah sangat bagus, semua beraspal.

Namun demikian, ia sangat berharap kepada Pemkab Abdya melalui dinas terkait supaya fasilitas pendukung seperti MCK di kawasan Pantai Ujong Manggeng harus dibangun. "Itu yang masih kurang di sini. Yang lain sudah lengkap semua,"sambung Andi, warga Abdya lainnya asal Kecamatan Setia Minggu (5/5/2019).

Menurutnya, kalau fasilitas MCK sudah tersedia maka Ujong Manggeng sudah layak dikelola menjadi objek wisata halal. Selama ini pengunjung kalau ingin ke MKC, hanya memakai punya orang warung. Namun kadang-kadang parah juga karena tidak ada air.

Namun demikian, kedua warga Abdya sangat berharap kepada Pemkab Abdya supaya bisa menambahkan fasilitas MCK di partai itu. Itu semua dilakukan demi kenyaman warga semua.(yra/yra)

Komentar

Loading...