Permudah Pengurusan Administrasi, Disdukcapil Pidie Canangkan Petaba-On

Foto: Rajudin

Pidie, Aceh Bisnis - Untuk mempermudahkan masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pidie telah menerapkan Pelayanan Terdepan Administrasi Kependudukan berbasis Online (Petaba-On).

Petaba-On merupakan singkatan dari Pelayanan Terdepan Administrasi Kependudukan berbasis Online ini merupakan suatu program yang mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan akses dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Pidie, Effendi mengatakan, dengan diterapkan program adminduk berbasis online ini, maka masyarakat cukup menyerahkan dokumen adminitrasi kepada petugas yang ditempatkan kecamatan, selanjutnya akan dikirim secara online data ke kantor induk.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke kantor induk untuk mengurus dokomen kependudukan, cukup di kantor kecamatan saja,”ujar Efendi usai melonching program Petaba On di Oproom Kantor Bupati Pidie, Selasa (30/04/2019).

Selama ini, kata dia, pengurusan administrasi untuk mendapatkan dokumen kependudukan seperti Akte kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) masyarakat harus menempuh perjalanan jauh menuju kantor induk Disdukcapil.

“Maka dengan adanya program ini akan mempermudah masyarakat yang tinggal jauh dari kantor Disdukcapil Pidie,”paparnya.

Sementara itu, Bupati Pidie Roni Ahamd (Abusyik) mengatakan, penataan administrasi kependudukan merupakan suatu kegiatan peningkatan pelayanan yang profesional.

“Seluruh warga negara berhak mendapatkan dokumen kependudukan, sebagai perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi, dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan,”paparnya.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis, tambah dia, pemerintah dalam hal ini birokrasi harus selalu tanggap dengan berinovasi, menciptakan layanan yang memudahkan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Pidie, memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terobosan dan Inovasi Program Pelayanan ini,”pungkas Bupati Abusyik.(raj/raj)

Komentar

Loading...