6 Manfaat Keringat Bagi Kesehatan, Mampu Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat keringat (iStockphoto)

Jakarta, Aceh Bisnis - Manfaat keringat tentunya sudah banyak yang mengetahuinya. Terutama karena keringat merupakan hasil dari olahraga. Sedangkan semua orang juga tahu bahwa olahraga sangat baik untuk kesehatan.

Tetapi keringat tentunya akan menyebalkan ketika datang di saat yang tidak tepat. Saat kamu harus tampil rapi dan bersih, lalu tiba-tiba badanmu berkeringat akan membuat penampilan menjadi terganggu.

Ternyata ketika tubuhmu mengeluarkan keringat, banyak manfaat yang didapatkan tubuh. Dengan manfaat keringat yang dikeluarkan tubuh, kesehatanmu dapat terjaga dari zat-zat yang merugikan dan penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat keringat, Selasa (30/4/2019).

1. Membuang Racun Dari Dalam Tubuh

Manfaat keringat yang mungkin sudah banyak diketahui orang adalah membuang racun dari dalam tubuh. Dengan keluarnya keringat saat kamu beraktivitas, racun yang ada di ginjal, usus, hati, serta organ vital lainnya telah dibersihkan.

Keringat merupakan cara alami bagi tubuh untuk membuang racun serta berbagai jenis senyawa yang jika terlalu banyak di dalam tubuh akan menjadi beracun. Hal ini membuat orang yang aktif berkeringat bisa dikatakan lebih sehat daripada orang yang jarang berkeringat.

2. Mampu Mengatasi Stres

Manfaat keringat selanjutnya yaitu mampu mengatasi stress. Ketika kamu mengeluarkan keringat setelah berolahraga, hal ini dapat mendorong hormon bahagia dan nyaman. Dengan berkeringat, kamu dapat memperbaiki suasana hati dan menurunkan stress secara alami.

Hal ini disebabkan oleh hormon endorfin yang dikeluarkan beserta keringat dapat membangun mood baik dan menurunkan stress dengan alami. Jadi, yang berperan penting dalam mengatasi stress bukanlah latihan fisiknya, tetapi lebih kepada keluarnya keringat setelah kamu melakukan latihan fisik.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat keringat yang juga sudah banyak diketahui orang-orang. Dengan berkeringat, kamu dapat membakar banyak kalori dari dalam tubuh.

Tubuh yang menjadi panas ketika kamu berolahraga membuat lemak dalam tubuh mencair dan keluar melalui keringat. Kamu juga bisa mencoba duduk di sauna untuk mengeluarkan keringat bila tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Mengeluarkan keringat juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Manfaat keringat satu ini dapat kamu lihat karena tubuh mengalami peningkatan detak jantung ketika berkeringat sehingga bisa melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini nantinya akan memberikan efek jangka panjang yang baik bagi kesehatan kamu.

5. Mengontrol Suhu Tubuh

Ketika suhu tubuh kamu meningkat karena melakukan aktivitas yang berat atau berolahraga, manfaat keringat dapat mendinginkan suhu tubuh kamu secara alami. Bila kamu merasa kepanasan tapi tidak bisa berkeringat, semua panas tersebut akan terjebak di dalam tubuh dan memberikan efek yang tentunya tidak menyenangkan dan tidak menyehatkan. Dalam hal ini, kemampuan pria memproduksi keringat lebih tinggi dari pada wanita.

6. Mempercantik Kulit

Keringat keluar dari pori-pori kulit. Dari pori-pori tersebut banyak kotoran yang terkunci dapat terdorong keluar oleh keringat, yang membuat pori-pori kulit kembali bersih. Karena itulah salah satu manfaat keringat adalah mempercantik kulit.

Namun, bila kulit mengeluarkan keringat secara berlebihan, malah bisa menyebabkan tumbuhnya jamur di kulit. Hal ini karena didukung oleh konsumsi minuman yang mengandung kafein, jadi hindarilah minuman berkafein agar tidak mengeluarkan keringat berlebihan.

Berkeringat dapat mencerahkan kulit, memperlambat tanda-tanda penauan dini, serta mengurangi efek kerusakan kulit. Hal ini bahkan tidak hanya terjadi pada kulit wajah saja, tapi seluruh area kulit.

Komentar

Loading...