Cuaca Tidak Bersahabat, Harga Ikan Laut Naik

ilustrasi: Nelayan mengangkut ikan di Pelabuhan Samudera Lampulo, Banda Aceh, Kamis (3/1/2019). Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan komsumsi ikan perkapita penduduk Indonesia diperkirakan meningkat pada tahun 2019 sebanyak 50 kg dibanding dua tahun terakhir 43 kg. (Antara Aceh/Zahlul Akbar)

Blangpidie, Aceh Bisnis - Karena cuaca yang tidak bersahabat membuat harga ikan laut dalam beberapa hari ini di sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan mulai naik. Warga berharap supaya harga ikan kembali normal saat Bulan Ramadhan nanti.

"Ya benar harga ikan laut dalam beberapa hari ini mulai naik,"ucap seorang pedagang di pasar Ikan Kecamatan Tangan-tangan, Adi kepada AcehBisnis Minggu (28/4/2019).

Sebagai contoh kata Adi, ikan tongkol ukuran sedang biasanya berkisar Rp10.000/ekor, kini menjadi Rp12.000-15.000. Artinya, dalam setiap ekor naik sekitar Rp2.000-5.000.

Begitu juga dengan ikan tongkol ukuran kecil, biasanya satu tumpuk ukuran 5 ekor berkisar Rp10.000 sekarang naik menjadi Rp13.000-15.000. Selain harga ikan tongkol yang naik, harga ikan lain juga mengalami kenaikan. Menurut pedagang ikan, naiknya harga ikan bukan karena permintaan banyak, melainkan stok ikan yang menipis.

"Karena cuaca (angin) di laut tidak bersahabat sehingga membuat pasokan ikan berkurang. Akibatnya, harga ikan mengalami kenaikan,"kata dia.

"Angin kencang di laut sehingga membuat para nelayan tidak mendapatkan ikan. Kecuali para nelayan boat-boat besar kemungkinan ada ikan tapi harganya yang mahal sehingga merembes ke harga eceran dipasaran,"kata pedagang itu.

Namun pedagang yakin, awal Ramadhan nanti harga ikan akan kembali normal kecuali ikan-ikan besar yang kualitas ekspor.(yra/yra)

Komentar

Loading...