Disbudpar: Sabang Layak Dikunjungi Yachter Dunia

Acehbisnis.comKapal Layar

Sabang, Aceh Bisnis - Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan, pihaknya akan terus mendatangkan kapal-kapal yacht dan kapal layar dari berbagai negara ke Pulau Sabang.

"Kita akan mendatangkan kapal-kapal yacht ke sini, karena Sabang layak untuk dikunjungi oleh para yachter dunia," kata Jamaluddin melalui Kepala Bidang Pemasaran Disbupar Aceh, Rahmadhani usai membuka Sabang Merine Festival 2019 di Kota Sabang, Jumat (26/04).

Untuk mendatangkan para yachter ke Aceh, kata dia, pihaknya akan mengelar event-event strategis, salah satunya adalah even wisata bahari seperti free diving dan Sabang Merine Festival. "Karena Sabang layak untuk dikunjungi oleh para yacther dunia," jelasnya.

Ia juga menyatakan, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar setempat sangat mendukung kegiatan Festival Sabang Merine yang salah satu tujuannya untuk mempublikasikan fesitval ke berbagai belahan dunia.

Selain itu, jelas dia, pihaknya juga melakukan kegiatan city tour di Banda Aceh yang akan digelar pada 30 April mendatang. "Tentu kegiatan ini tidak hanya sekadar membawa mereka berkeliling Kota Banda Aceh, tapi kita ingin menyampaikan pesan bahwa Ibu Kota Banda Aceh ini memberikan banyak pesona wisata, budaya, dan sejarah kepada yachter yang akan hadir di Banda Aceh nantinya," jelasnya.

Kemudian, pihaknya akan menyuguhkan tarian-tarian penyambut tamu dan melakukan makan siang bersama. Ini tentunya akan membawa pesan bersama bahwa masyarakat Aceh itu orang yang berbudaya dan masyarakatnya bisa melayani tamunya dengan kebaikan dan keramahan.

"Kita berharap ke depan, Aceh ini tidak hanya dikenal dan dikunjungi oleh para yachter saja, tapi mereka akan menyampaikan pesan bahwa Aceh layak dikunjungi oleh siapa pun yang ingin berwisata ke Aceh untuk menawarkan berbagai ragam posona wisatanya,"ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala BPKS Razuardi menjelaskan, pada Sabang Marine Festival ini sebanyak 24 yacht yang berasal dari 10 negara akan ikut memeriahkan acara tersebut.

"Sebagian masih dalam perjalanan menuju ke Sabang untuk andil bagian dalam Sabang Marine Festival yang diselenggarakan di kota ini," katanya.

Ia menjelaskan, Sabang Marine Festival 2019 yang berlangsung pada 26- 30 April 2019 ini merupakan kegiatan marine festival ke-5, yang sebelumnya pernah terselenggara pada 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Menurut dia penyelenggaraan Sabang Marine Festival 2019 berbeda dibanding sebelumnya, kali ini kegiatan akan fokus pada tiga desa wisata dalam rangka memperkenalkan budaya, kuliner dan keunikan lainnya.

Kemudian juga akan menampilkan parade marching band, motor show, parade yachts, Sabang fun bike dan fun walk, Sabang dan Banda Aceh city tour.

Dalam acara tersebut turut hadir Staf Ahli Gubernur, Iskandar Syukri, Plt Kepala BPKS, Razuardi, Wali Kota Sabang Nazaruddin, serta para Yachter.(edi/ded)

Komentar

Loading...