Alasan Suzuki Enggan Jor-joran Hadirkan Motor Baru

Ilustrasi motor baru Suzuki. (Istimewa)

Jakarta, Aceh Bisnis - Sebagai salah satu pabrikan besar di pasar roda dua nasional, Suzuki nampak tidak terlalu jor-joran dalam menghadirkan produk baru. Langkah itu dilakukan agar efektif dan tepat sasaran.

Jika di luar negeri, seperti Cina ataupun India, Suzuki banyak memiliki model baru dengan tampilan yang menggoda. Suzuki Indonesia bisa saja menghadirkan produk tersebut namun perlu kajian mendalam agar tidak menyusahkan di kemudian hari.

"Masukin motor (dari luar negeri ke Indonesia) adalah hal yang sangat mudah sekali, tapi apakah itu acceptable di Indonesia? Kalau tidak memenuhi kriteria juga akan menjadi beban buat kita," terang Yohan Yahya 2W Marketing and Bussiness Development Head SIS di Jakarta baru-baru ini.

Yohan mengakui, produk-produk Suzuki di luar negeri banyak yang bagus-bagus. Menurutnya, bisa jadi dari segi desain begitu menarik namun dari sisi spesifikasi mesin tidak sesuai ekspektasi.

"Misalkan kita bicara model sport, mungkin orang suka sama modelnya tapi di Indonesia ekspektasi orang itu bukan hanya model tapi juga performance. Jadi hal itu juga yang harus dipikirkan," ujarnya.

Suzuki berkaca pada produk-produk terdahulunya yang berusia pendek. Seperti diketahui, pabrikan berlambang huruf 'S' tersebut memiliki banyak produk yang sempat meramaikan pasar nasional namun kurang moncer dalam hal penjualan, seperti Suzuki FXR, Spin, Skywave ataupun Skydrive, Hayate, bahkan Inazuma.

"Karena kita kecil jadi harus betul-betul menyasar pasar yang tepat dan merencanakan dengan benar, kalau tidak akan besar effort-nya," tutup Yohan.

Komentar

Loading...