Gelar UNBK 100 Persen, Aceh Masuk 7 Provinsi Terbaik di Indonesia

Foto: Acehbisnis.com

Banda Aceh, Aceh Bisnis – Kemendikbud RI menetapkan Provinsi Aceh menjadi salah satu dari tujuh provinsi terbaik dalam melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 100 persen. Sementara enam provinsi terbaik lainnya adalah DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Selatan, dan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, pendidikan kita dalam hal pelaksanaan UNBK sudah setara dengan daerah lain di Indonesia,”kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (24/4/2019) pagi.

Menurut dia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengakui pelaksanaan UNBK di Provinsi Aceh berada dalam salah satu dari tujuh provinsi terbaik di Indonesia. “Dan ini sebuah prestasi yang membangakan bagi dunia pendidikan Aceh,”ungkapnya.

“Tahun ini merupakan sebuah kemajuan yang besar untuk dunia pendidikan Aceh secara keseluruhannya,”kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.

Syaridin juga berharap kesuksesan pelaksanaan UNBK ini dapat menular juga terhadap kesuksesan hasil yang diraih oleh para peserta UNBK di seluruh Aceh. “Kita punya target agar nilai rata-rata ujian nasional dapat meningkat setiap tahunnya. Mudahan target ini dapat kita capai tahun ini,”paparnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud RI, Totok Supriyatno mengatakan, Aceh merupakan satu dari tujuh provinsi yang menyelenggarakan UNBK 100 persen.

“Pemerintah Aceh berkomitmen luar biasa terhadap dunia pendidikan, sehingga Aceh dapat melaksanakan UNBK 100 persen pada tahun 2019 ini,”kata Totok Supriyanto saat memberikan katasambutan pada pembukaan secara resmi Gebyar Hardiknas 2019 di Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh pada Sabtu (20/4/2019).

Dikatakannya, ada tujuh provinsi yang sudah melaksanakan UNBK 100 persen untuk jenjang SMP, SMA, SMK, SMA Paket C, dan SMK Paket C. Ketujuh provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, dan Aceh.( rel/ded)

Komentar

Loading...