Disperindag: Harga Daging Meugang di Aceh Diperkirakan Capai Rp 150.000/Kg  

Aceh BisnisKepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Muhammad Raudhi meninjau pasar daging di Peunayong, Banda Aceh

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Dinas Perindustrian dan Perdangangan (Disperindag) Aceh memprediksi harga daging sapi lokal pada meugang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah mencapai Rp. 150.000 per kilogram.

“Kita prediksikan harga daging sapi aceh pada meugang pertama bulan puasa di Banda Aceh sekitar Rp 140.000 – 150.000/kgnya,”kata Kepala Disperindag Aceh M Raudhi kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (24/04/2019).

Menurut dia, mahalnya harga daging lokal tergantung dengan kualitas daging sapi, biasanya daging sapi aceh kualitasnya bagus, sehingga harganya pun mahal. “Tapi harga daging di Banda Aceh kita perkirakan tidak lebih dari 150 ribu per kgnya,”jelasnya.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga daging tersebut, kata dia, pihaknya sebelumnya sudah melakukan rapat bersama dengan Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Dinas Pangan, termasuk Asosiasi Pedagang Daging Sapi dan Kerbau (ASPEDA) Banda Aceh dan Aceh Besar, terkait harga daging sapi jelang meugang puasa nanti.

Pada rapat tersebut, sebut M Raudhi, Aspeda menyatakan bahwa mereka bisa menjual harga daging dengan harga sekitar Rp 130.000/kg untuk wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. “Tapi daging itu harus dipesan lewat Toko Tani Indonesia,”jelasnya.

“Jadi nanti pemasok daging, atau pedagang daging yang ingin memesan daging sapi bisa berhubungan dengan Toko Tani langsung. Karena di toko tani harga daging hanya 130 ribu/kgnya,”jelasnya.

Ia juga menyatakan, pemesanan daging sapi di toko tani bisa dilakukan 2 hari sebelum hari meugang puasa nantinya. Tapi kalau dipesan setelah itu, atau di hari meugang maka toko tani Indonesia menyediakan daging dengan harga Rp140.000/kg.

“Kalau mau membeli silakan ke toko tani untuk mendaftar, sebelum dua hari meugang masih diterima, tapi setelah dua tidak diterima lagi dengan harga Rp 130 ribu,”papar Kepala Disperindag Aceh ini.

Selain pemasok dan pedagang daging, tambah dia, masyarakat pun bisa memesan daging sapi di toko tani Indonesia ini dengan harga 130 ribu/kgnya. “Toko tani Indonesia ini berada di Kantor Dinas Pangan Aceh,”jelasnya.

Dengan adanya toko tani ini, ungkap Raudhi, kita prediksi harga daging di Banda Aceh dan sekitarnya tidak naik terlalu tinggi. Paling harga daging berada dikisaran 130 ribu hingga 150 ribu per kilogram.

“Kalau da harga daging mencapai 160 ribu pada meugang nantinya, mungkin daging sapi aceh dengan kualitas bagus. Apalagi, di daerah kita ada yang menjual daging kerbau seperti di daerah barat selatan,”pungkasnya.(ded/ded

Komentar

Loading...