Warga Abdya Gunakan Hak Pilih

Warga Abdya gunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. (Foto AcehBisnis/Yura).

Blangpidie, Aceh Bisnis - Ratusan ribu warga di sembilan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Rabu (17/4/2019) pagi mengunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

Pantauan AcehBisnis di sejumlah TPS seperti di Kecamatan Manggeng, Lembah Sabil, Tangan-tangan, Setia dan Kecamatan Blangpidie, antusias masyarakat Abdya dalam menggunakan hak pilihnya memang sangat luar biasa. Hal itu dibuktikan dengan kehadiran mereka tepat waktu di TPS seperti tertera dalam surat undangan memilih.

Selain itu, untuk menjaga ketertiban dan keamanan di TPS selama proses pencoblosan berlangsung hingga perhitungan nanti juga dijaga ketat oleh pihak berwajib.

"Alhamdulillah tadi saya sekitar pukul 07.30 sudah berada di lokasi TPS. Alhamdulillah pencoblosan dan pemberian hak suara berjalan lancar,"kata Nurul, seorang warga Kecamatan Lembah Sabil kepada AcehBisnis Rabu (17/4/2014).

Menurut Nurul, dalam pencoblosan memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari biasanya. Kenapa, karena surat suara sedikit lebih besar, banyak hingga sampai lima lembar. Artinya, butuh ketelitian dan kesabaran mencari nama yang akan dicoblos karena tanpa pemasangan foto dalam surat itu kecuali untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPD RI.

"Butuh waktu dan kita harus sabar dalam memberikan hak suara. Ini kita lakukan demi Bangsa dan Negara Indonesia,"sebut Nurul.

Nurul juga mengharapkan semoga pesta demokrasi yang berlangsung ini bisa berjalan lancar, aman dan terkendali serta masyarakat di seluruh Indonesia bisa menggunakan hak pilihnya untuk menentukan nasib bangsa ini.

Sementara itu, Kasubab Humas dan Teknis KIP Abdya, Agus Mudaksir menjelaskan, waktu perhitungan suara dimulai pada pukul 07.00 Wib hingga pukul 13.00 Wib. Oleh karena itu, KIP mengajak warga untuk segera mendatangi TPS masing-masing untuk memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019 ini.(yra/yra)

Komentar

Loading...