Timses Caleg di Aceh Selatan Ditangkap Terkait Money Politics

Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansya/detik.comh

Banda Aceh - Seorang tim sukses (timses) Caleg dari PKB dan Partai Nanggroe Aceh (PNA) ditangkap tim Panwaslih. Timses tersebut ditangkap karena diduga membagi-bagikan uang kepada warga jelang pemilihan.

"Benar ada yang ditangkap. Tim sukses dari Partai PKB dan PNA. Sekarang masih kita dalami," kata Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Baiman saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (17/4/2019).

OTT itu dilakukan pada Selasa (16/4) malam. Menurut Baiman, yang ditangkap merupakan tim Sukses yang mendapat perintah dari Caleg untuk membagi-bagikan uang kepada pemilih.

Baiman mengaku tim Panwaslih masih menyelidiki modus yang digunakan pelaku. Dia juga mengaku belum mengetahui proses penangkapan secara rinci.

"Yang kita amankan itu dia orang suruhan. Namun masih kita dalami," jelas Baiman.

Berdasarkan surat pernyataan yang beredar, tim sukses tersebut menerima uang dari Caleg DPRA daerah pemilihan (Dapil) 9 dari PKB, serta Caleg DPR Kabupaten Aceh Selatan dapil 3 dari PNA.

Dia mengaku menerima uang dari kedua caleg tersebut sebesar Rp 1,7 juta. Rinciannya, untuk pemilih DPRA masing-masing Rp 100 ribu perorang dengan jumlah 10 orang dan Rp 50 ribu perorang untuk memilih Caleg DPRK. Sementara pelaku mendapat upah Rp 200 ribu.

Komentar

Loading...