Tak Masuk DPT, 134 Warga Binaan Rutan Sigli Protes Penyelenggara Pemilu

Foto: istimewa

Banda Aceh, Aceh Bisnis - Sebanyak 134 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) IIB, Benteng, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie melakukan protes terhadap penyelenggara Pemilhan Umun (pemilu) 2019 karena tidak bisa memilih.

Dari sebanyak 473 narapidana di Rutan Sigli, sebanyak 134 napi tidak bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 karena tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Dari jumlah total 473 napi di Rutan Sigli, hanya 339 yang terdaftar dalam DPT dan DPTb, sementara selebihnya tidak terdaftar sehingga tidak bisa memilih,”kata Ketua Devisi Tehnis Penyelengara KIP Pidie, Fuadi Yusuf, di Pidie, Rabu (17/4/2019).

Dikatakannya, bila penyelenggara pemilu membolehkan napi yang yang tidak terdaftar di DPT memberikan hak suara pada pemilu ini, maka akan melanggar peraturan PKPU. “Dan KPPS, PPS dan PPK akan kena sanksi pelanggaran,”paparnya.

Pantauan wartawan dilokasi, warga binaan di Rutan Benteng sempat berteriak-teriak karena tidak bisa menggunakan hak pilih pada pemilu Pilpres, DPR, DPD, DPRA dan DPRK sehingga proses pencoblosan molor dari jadwal yang ditetapkan pukul 07.00 wib.

Selanjutnya, pencoblosan baru dilakukan sekira pukul 12.00 wib setelah pihak  KIP memberikan penjelasan tentang aturan PKPU kepada penghuni lapas.(raj/ded)

Komentar

Loading...