KIP Abdya Musnahkan 4.262 Lembar Surat Suara Rusak

Wabup Muslizar dan anggota Forkopimda Abdya melakukan pemusnahan surat suara rusak di Halaman KIP setempat. Foto AcehBisnis/Yura

Blangpidie, Aceh Bisnis - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Selasa (16/4/2019) pagi melakukan pemusnahan ribuan surat suara lebih dengan kondisi rusak dan kondisi baik (sisa) di Halaman Kantor tersebut.

Sebelum dilakukan pemusnahan, pihak KIP Abdya juga menyelenggarakan cofee morning bersama dengan seluruh anggota Forkopimda setempat dan pihak Bawaslu Kabupaten itu.

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan dengan cara dibakar bersama berlangsung di Halaman Kantor KIP dan dilakukan oleh Wabup Muslizar MT, Kapolres AKBP M.Basori,Sik, Dandim Letkol Arm Iwan Afrianto, Kajari Abdul Khadir, SH.

Sementara dari lembaga itu dihadiri oleh Ketua KIP Sanusi, Komisioner lainnya seperti Seliah, Yudi Nirmansyah, Martono, dan Sekretaris KIP Helmi dan pihak Bawaslu Abdya.

Ketua KIP Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Sanusi pada kesempatan itu mengatakan, surat suara yang dibakar untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang dimusnahkan sebanyak 280 lembar. DPR RI sebanyaknya 164 lembar. Kemudian surat suara DPD sebanyak 247 lembar.

Lalu surat suara DPRA Daerah Pemilihan (Dapil) 9 sebanyak 334 lembar. DPRK Dapil I adalah 1.098, Dapil 2 adalah 1.089 dan Dapil 3 sebanyak 1.050 lembar. "Jadi total semua yang dimusnahkan adalah 4.262 lembar,"kata Sanusi.

Ia menjelaskan, surat suara dengan kondisi tidak baik itu seperti robek, terkena tinta dan sebagainya. Intinya tidak dapat digunakan lagi sehingga harus dimusnahkan semua.(yra/yra)

Komentar

Loading...